News

PMI DIY Kirim Relawan dan Bantuan Tahap Awal ke Cianjur

0
PMI DIY
PMI DIY (Foto : Humas PMI DIY)

STARJOGJA.COM – Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) akan mengirimkan 13 Relawan dan bantuan tahap awal ke Cianjur.

Bantuan ini memiliki kemampuan WASH (Water Sanitation and Hygiene Promotion), logistik & distribusi, kaji cepat, dan manajemen tanggap darurat bencana untuk membantu masyarakat terdampak bencana gempa bumi Cianjur.

Relawan PMI

“Tiga belas Relawan dari PMI DIY akan bertugas selama tujuh hari. Dalam rangka membantu dalam hunian sementara, distribusi, dan WASH. Dalam tahap bantuan awal ini juga mengirimkan terpal sejumlah 10 gulung berukuran 4×50 meter. Tenda keluarga sejumlah 50 unit, alas tenda 6 bal atau 150 lembar, 50 pasang kruk. Serta mie instan sejumlah 250 dus atau sejumlah 10.000 pcs dengan menggunakan 4 armada pikap dan satu mobil box,” tutur Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi.

Selain itu, Tim Relawan PMI DIY juga akan melakukan kaji cepat (assessment). Kaji cepat berdasarkan kebutuhan masyarakat terdampak bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 21 November 2022 yang lalu.

“PMI DIY telah membuka donasi untuk menyalurkan bantuan dari masyarakat dari DIY maupun luar wilayah. Alhamdulillah, responsnya baik. Kami berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada msyarakat yang telah mengirimkan donasinya melalui PMI DIY,”jelasnya lebih lanjut.

Baca Juga : Tujuh Kecamatan Di Kulon Progo Dilanda Banjir

Donasi

PMI DIY masih membuka donasi untuk menyalurkan bantuan. Bantuan kepada masyarakat Kabupaten Cianjur yang terdampak bencana. Bantuan melalui Bank Mandiri nomor rekening 137-000-744-959-4 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY.

“Kami akan membuka donasi ini sampai dengan Februari 2023. Selanjutnya akan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan di Cianjur. Hal ini sesuai dengan hasil kaji cepat kebutuhan pada tahap pemulihan awal dan pascabencana. PMI DIY akan turut membantu dari tahap tanggap darurat, pemulihan awal sampai dengan rehabilitasi rekonstruksi”, jelas Gusti Prabu.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI DIY, Arif Rianto Budi Nugroho mengatakan telah berkoordinasi dengan koordinator lapangan PMI Pusat yang bertugas di Cianjur untuk beberapa barang yang masyarakat butuhkan.

“Beberapa barang yang kami bawa pada tahap awal ini sudah kami koordinasikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan,” kata Arif Rianto.

Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas. Dalam berperan serta mendiseminasikan dan menginformasikan kegiatan-kegiatan kemanusiaan PMI. Mari bersama menebar senyum untuk sesama dengan tiada henti berkarya untuk kemanusiaan.

Informasi lebih lanjut mengenai hal ini silakan menghubungi:
1. Arif Rianto Budi Nugroho, ST.,M.Si (Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI DIY) melalui nomor +62 812-2968-134
2. Ahmad Zaki Ali, Kepala Markas PMI DIY melalui nomor +62 813-2747-7919 (Maylin Angelica).

Sumber : Humas PMI Yogyakarta

ATM Koin Emas Pertama Hadir Di India

Previous article

“Born Pink” Sabet “Billboard’s Best Albums of 2022”

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News