Lifestyle

Melestarikan Budaya Jawa dari Pernikahan Kaesang dengan Erina 

0
budaya Jawa

STARJOGJA.COM, Info – Pernikahan  Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono  di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022) dan resepsi pernikahan digelar di Puro Mangkunegaran Surakarta, pada Minggu, yang merupakan rangkaian dari “ngunduh mantu”. Prosesi ini menurut Presiden RI Joko Widodo menjadi bagian melestarikan budaya Jawa.

Prosesi membawa pengantin perempuan ke rumah keluarga pengantin laki-laki digelar di rumah dinas Wali Kota Surakarta di Loji Gandrung.

Upacara bermula dari kedatangan keluarga pengantin perempuan yang disambut oleh pihak pengantin laki-laki.

Kedatangan ibu pengantin perempuan, Sofiatun Gudono, beserta keluarga disambut oleh Presiden Joko Widodo beserta ibu negara Iriana Joko Widodo bersama putera bungsu Gibran Rakabuming dan anak menantu Bobby Nasution.

Baca juga : Spirit Pitutur Luhur Budaya Jawa Penyemangat Aktivitas Antikorupsi

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang mengenakan pakaian adat basahan Jawa turut serta dalam rombongan keluarga pengantin perempuan.

Proses dilanjutkan dengan upacara Tumplak Punjen yang merupakan bentuk simbolis orang tua memberikan bekal terhadap anak mereka sebelum mereka mengarungi bahtera rumah tangganya sendiri.

Di hadapan anak cucunya, Presiden Joko Widodo berpesan agar selalu hidup rukun dalam persaudaraan.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberi pesan kepada para anak dan cucu, masing-masing Gibran Rakabuming bersama istri Selvi Ananda, Bobby Nasution bersama istri Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep bersama istri Erina Gudono, serta para cucu, Jan Ethes Srinarendra, Sedah Mirah Nasution, La Lembah Manah, serta Panembahan Al Nahyan Nasution.

Ia juga berpesan kepada anak cucu untuk selalu menyembah Tuhan Yang Maha Esa agar diberkati dalam hidup berkeluarga.

Khusus kepada putra sulung Gibran Rakabuming, Presiden berpesan untuk bisa mengayomi dan menjadi contoh adik-adik.

“Demikian juga, adik berbakti dan menghargai saudara yang lebih tua,” katanya.

Sementara putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, menyampaikan terima kasih kepada kedua orang tuanya yang telah merawat sejak kecil hingga saat ini.

Seluruh anak, lanjut dia, juga berdoa agar Presiden Joko Widodo beserta ibu selalu diberi kesehatan dan panjang umur.

Prosesi dilanjutkan dengan “nyebar udik udik”, tradisi menebarkan atau melemparkan uang logam yang bertujuan untuk membagikan kepada tamu yang hadir dalam hajatan di masyarakat Jawa.

Ibu negara Iriana Joko Widodo berjalan dengan membawa sebuah wadah yang kemudian menyebar uang logam yang bercampur dengan bunga.

Selanjutnya upacara dilanjutkan dengan tradisi begalan yang melibatkan langsung masyarakat yang berada di depan kawasan Loji Gandrung.

Ratusan orang yang berada di depan Loji Gandrung berkesempatan memperebutkan perabot rumah tangga dalam pikulan yang berada di halaman Loji Gandrung.

Sumirah (48), warga Gemblegan, Kota Solo, berhasil mengambil sebuah panci saat warga berebut perabot rumah tangga saat tradisi begalan.

“Senang bisa dapat panci,” kata Sumirah.

Ia mendoakan Kaesang dan Erina selalu sukses dan lancar dalam pernikahan.

Rangkaian prosesi “ngunduh mantu” di akhir dengan kirab pengantin dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran tempat dilaksanakan resepsi tasyakuran.

Sebelas kereta kencana yang masing-masing ditumpangi pasangan Kaesang-Erina, orang tua kedua pengantin, serta kerabatnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan prosesi “ngunduh mantu” Kaesang Pangarep dan Erina Gudono ini merupakan bagian dari “nguri-uri” atau memelihara budaya Jawa.

“Hari ini Minggu, 12 Desember 2022, kami ‘ngunduh mantu’ Kaesang Pangarep dan Erina Gudono,” kata Presiden.

Prosesi “ngunduh mantu” ini sekaligus bagian dari merawat dan memelihara kebudayaan.

“Budaya adalah warisan para leluhur. Mengenalkan budaya kita adalah kewajiban. Mencintai budaya adalah kewajiban kita bersama,” katanya.

Mengenalkan dan mencintai kebudayaan merupakan suatu kewajiban.

Kecintaan pada budaya harus ditunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali.

Hal itu bertujuan agar karakter kita, karakter budaya kita bisa semakin kita cintai.

Pesta rakyat

Selain prosesi pernikahan adat Jawa, pesta rakyat juga digelar di sepanjang rute kirab pengantin.

Sembilan panggung hiburan rakyat disiapkan di sepanjang jalur kirab tasyakuran Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, mulai dari rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung, hingga tempat resepsi di Pura Mangkunegaran.

Sembilan panggung tersebut tersebar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Diponegoro yang menuju Pura Mangkunegaran.

Panggung pertama berada di depan Loji Gandrung, tempat pelaksanaan upacara “ngunduh mantu” dan dimulainya kirab pengantin Kesang dan Erina.

Panggung kedua berada di seberang Stadion R.Maladi, sementara panggung ketiga berada di depan Taman Sriwedari.

Panggung keempat telah disiapkan tepat di depan Museum Batik Danar Hadi.

Adapun panggung kelima berada di depan Halte BST Timuran dan panggung keenam berada di persimpangan antara Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Kartini.

Sementara panggung ke tujuh dan kedelapan berada di seputaran Jalan Diponegoro menuju Pura Mangkunegaran, yakni di persimpangan Jalan Slamet Riyadi dan di depan Pasar Triwindu.

Satu panggung lainnya berada di kawasan pamedan Pura Mangkunegaran tempat dilaksanakan resepsi “ngunduh mantu”.

Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir sebelumnya mengatakan seniman dan musisi lokal Kota Solo akan mengambil bagian pada panggung hiburan tersebut.

Para pengisi hiburan rakyat dalam “ngunduh mantu” Kaesang dan Erina tersebut, antara lain Sanggar Karawitan Guyub Rukun, Keroncong Sawunggaling, Andre dan Friend Bands, Orkes Kampung Latar Jembar, Rimanz Pitoe, Java El Mariachi, Komunitas Keroncong Muda Solo, Sanggar Karawitan Gending Kuning, serta Keroncong De Java.

Belasan ribu paket makanan dan suvenir disiapkan gratis bagi warga masyarakat yang ikut memeriahkan gelaran pesta rakyat yang digelar di sekitar rute kirab pengantin tersebut.

Dua lokasi yang disiapkan masing-masing di depan Stadion R.Maladi dan seberang Pasar Triwindu di Jalan Diponegoro.

sumber : antara
Bayu

Bantuan Korban Gempa Cianjur Terus Mengalir dari Bantul

Previous article

Candi Prambanan Contoh Warisan Leluhur yang Terjaga 

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle