News

UNY Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Informatif

0
Universitas Negeri Yogyakarta
Mafud MD Dalam Acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 (Foto :Humas UNY)

STARJOGJA.COM – Universitas Negeri Yogyakarta meraih penghargaan tertinggi dari Komisi Informasi Pusat (KIP) dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

UNY mendapat pengahargaan dengan kategori informatif dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Badan Publik Pemerintah pada Rabu (14/12) di Jakarta.

Hal ini merupakan kali kedua Universitas Negeri Yogyakarta mendapatkan peringkat informatif setelah meraih penghargaan yang sama pada tahun 2021.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Lantip Diat Prasojo menerima penghargaan ini langsung di Jakrta.

Demokrasi Inklusi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia Prof. Mahfud MD dalam sambutannya mengatakan Indonesia harus memajukan demokrasi yang inklusif, adil dan akuntabel dengan mengutamakan kepentingan seluruh warga negara, memperkuat keragaman budaya dan mendorong akses informasi untuk mendukung keterbukaan informasi publik yang merupakan salah satu ciri pemerintahan yang demokratis.

“Demokrasi yang tumbuh dan berkembang di Indonesia memberi jaminan atas partisipasi publik dalam setiap pengambilan keputusan yang menyangkut hajat hidup orang banyak,” kata Mahfud MD.

Akses informasi merupakan bagian penting dalam memastikan partisipasi publik dalam Proses pembuatan kebijakan kebijakan oleh pemerintah. Oleh karenanya hak informasi harus diberikan pada setiap orang dan setiap lembaga publik harus terbuka terhadap informasi.

Komisi Informasi Pusat

Plt. Sekretaris Komisi Informasi Pusat Nunik Purwanti mengatakan penganugerahan ini merupakan tahap akhir pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) keterbukaan informasi publik.

“Harapannya hasil dari monev ini berbuah manis di akhir tahun bagi pejuang PPID di seluruh badan publik,” kata Nunik Purwanti.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID) UNY Prof. Siswantoyo mengatakan bahwa sesuai dengan visi misi UNY maka keterbukaan informasi publik ini menjadi sesuatu yang sangat penting.

“Dengan kerja cerdas dan tuntas maka kita dorong peran UNY untuk melayani masyarakat” kata Siswantoyo.

Baca Juga : IPK Tertinggi UNY, Putri Pedagang Pasar Godean

Tahun ini dengan melakukan evaluasi, refleksi dan tindak lanjut serta implementasi dalam sebuah proses yang mengedepankan kebersamaan maka kita mendapatklan hasil maksimal dengan hasil predikat Informatif.

Selain itu peran UNY untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengakselerasi pencapaian visi misi pemerintah maka UNY siap menjalankan tata laku pemerintahan yang transparan dan akuntabel. (Maylin Angelica)

Sumber : Humas UNY

OPINI : Masuk Peringkat Dunia, Esport Indonesia Dorong Penguatan Sektor Ekonomi Hingga Sosial Budaya

Previous article

17 Partai Politik Resmi  Peserta Pemilu 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News