Flash InfoHealthNews

Ini Penyebab Tenggorokan Gatal Saat Bangun Pagi

0
tenggorokan

STARJOGJA.COM, HEALTH – Ketika bangun tidur, biasanya beberapa orang bisa merasakan gatal tenggorokan secara tiba-tiba. Di masa pandemi, tentu hal ini membuat Anda khawatir tertular virus corona.

Tapi, gatal tenggorokan bisa disebabkan oleh beragam penyebab lainnya, bukan hanya virus corona. Dari melawan flu hingga terpapar virus hingga mengatasi polusi udara, ada banyak hal yang harus dialami dan diatasi oleh tubuh kita.

Berikut adalah 7 kemungkinan penyebab mengapa Anda mengalami gatal tenggorokan saat bangun di pagi hari.
1. Infeksi virus
Dengan munculnya varian Omicron COVID, ‘garuk tenggorokan’ menjadi salah satu gejala utama virus, selain pilek, kelelahan, nyeri tubuh, bersin, muntah, keringat malam, dan kehilangan nafsu makan.

Namun, sejauh menyangkut gatal, sakit tenggorokan, itu juga bisa dikaitkan dengan infeksi virus lainnya termasuk flu biasa, campak, cacar air, croup, dan bahkan mononukleosis. Tergantung pada apa yang Anda terinfeksi, Anda mungkin memiliki gejala lain mulai dari demam, batuk, nyeri tubuh, pilek, hingga amandel bengkak, dan suara serak. Beberapa penyakit virus juga dapat menyebabkan ruam dan masalah kulit lainnya.

2. Polusi udara
Penurunan kualitas udara telah menjadi masalah kesehatan utama belakangan ini. Konon, polusi udara bisa menyebabkan tenggorokan kering dan gatal. Selain itu, dapat meringankan gejala lain termasuk kulit gatal, batuk, mengi, masalah pernapasan, mata terbakar, iritasi pada hidung, dan peningkatan tekanan darah.

3. Udara kering

Selama bulan-bulan yang lebih dingin, udara di kamar Anda bisa menjadi kering, yang pada akhirnya dapat membuat mulut Anda kering dan tenggorokan Anda kering dan teriritasi. Karena itu, jika Anda merasa udara di sekitar Anda terlalu kering, gunakan pelembab udara. Anda juga harus tetap terhidrasi sepanjang hari.

4. Alergi

Gatal, sakit tenggorokan, disertai mata berair, hidung meler, tidak bisa tidur malam juga bisa menjadi tanda alergi. Beberapa alergen yang umum adalah debu, serbuk sari, jamur, bulu hewan peliharaan, dan banyak lagi. Selain itu, beberapa orang juga rentan terhadap alergi musiman yang dapat menyebabkan gejala serupa.

5. Dehidrasi
Tidak memiliki cukup air dalam sistem Anda juga dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan kering keesokan paginya. Ini karena tubuh Anda mengeluarkan lebih sedikit air liur saat tidur dan juga berkeringat di malam hari, yang menyebabkan tubuh Anda kehilangan lebih banyak kelembapan daripada yang bisa dipertahankannya. Makanya, tetap terhidrasi, terutama di musim dingin, saat kita lupa minum air.
6. Pernafasan mulut dan sleep apnea

Bernapas dari mulut saat tidur, yang sering kali disebabkan oleh mendengkur dan masalah tidur, dapat menyebabkan sakit tenggorokan saat bangun tidur. Saat Anda bernapas dari hidung, ini membantu mempertahankan kelembapan di mulut dan tenggorokan. Pernapasan mulut memiliki reaksi yang berlawanan. Konon, mendengkur kronis adalah tanda utama sleep apnea, gangguan tidur yang serius di mana pernapasan Anda dapat mulai dan berhenti beberapa kali di malam hari.

7. Refluks asam

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau refluks asam di malam hari juga bisa mengganggu pola tidur Anda. Anehnya, itu bisa membuat tenggorokan Anda sakit saat bangun tidur. Ini terjadi karena asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, saluran yang menghubungkan lambung dan tenggorokan. Ini juga dapat menyebabkan gejala lain termasuk nyeri dada (mulas), suara serak, mual, muntah, dan bau mulut.

Bekuk Maroko, Kroasia Rebut Juara ke-3 Piala Dunia 2022

Previous article

Jelang Final, Argentina Sesumbarkan Kekuatan Messi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info