News

Penyebab Cuaca di DIY Terasa Lebih Panas dan Gerah

0
cuaca panas diy
Ilustrasi Cuaca Panas

STARJOGJA.COM, Info —  Beberapa hari ini Minggu (18/12/2022) sampai hari ini Selasa, (20/12/2022) di DIY cuaca  terasa lebih gerah dan panas. Kepala Kelompok Foreskater  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) YIA Romadi menjelaskan kondisi ini dampak dari siklon tropis Darian.

Romadi menjelaskan saat ini di wilayah Samudera Hindia, Barat Daya Bangka sedang terjadi siklon tropis Darian. Arah gerakan ke Barat Daya dengan kecepatan 2 knot bergerak menjauhi Wilayah Indonesia.

Dengan pusat kecepatan mencapai 75 knot dan tekanan udara mencapai 962 hPa. Menurutnya fenomena siklon tropis Darian ini memberikan dampak penyusutan suplai uap air ke wilayah DIY.

Baca juga : DIY Darurat Klitih Kriminal,  Stevanus Minta Pemda DIY dan Aparat Tegas

“Untuk wilayah DIY, yaitu mengurangi suplai uap air, sehingga hanya berdampak hujan dengan intensitas ringan sampai hujan intensitas sedang saja,” ucapnya kepada Harianjogja.com, Selasa (20/12/2022).

Lebih lanjut dia menyampaikan, dampak lain yang ditimbulkan dengan adanya siklon tropis ini adalah menyebabkan gelombang tinggi. Gelombang tinggi terjadi di wilayah Jawa termasuk Selatan DIY.

Gelombang diperkirakan bisa mencapai 2,5 meter – 4 meter di perairan Samudera Hindia. “Kondisi ini diperkirakan hingga tiga sampai lima hari kedepan,” jelasnya.

Berdasarkan data prakiraan cuaca BMKG DIY di beberapa tempat wisata untuk besok, Rabu (21/12/2022) yakni Malioboro-Tugu pagi cerah berawan, siang hujan ringan, dan malam berawan. Merapi-Kaliurang pagi berawan, siang hujan petir, dan malam berawan.

Prambanan siang cerah berawan, siang hujan ringan, dan malam berawan. Pantai Glagah – Congot pagi cerah berawan, siang berawan, dan malam hujan ringan.

Perbukitan Menoreh pagi cerah berawan, siang hujan ringan dan malam hujan ringan. Pantai Depok- Parangtritis pagi cerah berawan, siang berawan, dan malam hujan ringan.

Sumber : Harian Jogja
Bayu

John Mayer : Terima Kasih Indonesia

Previous article

Sleman Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Jelang Libur Nataru

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News