Flash InfoLifestyleNews

Roma Nyalakan Pohon Natal Kedua yang Ramah Lingkungan

0
pohon natal roma

STARJOGJA.COM, INFO – Roma menyalakan pohon Natal kedua yang ramah lingkungan dan hemat energi beberapa waktu lalu. Apa dan bagaimana pohon Natal ramah lingkungan dan hemat energi tersebut?

Beberapa waktu lalu Roma menampilkan pohon Natalnya yang kedua yang ramah lingkungan. Pohon itu dipajang di Taman Campidoglio.

Pohon Natal setinggi enam meter itu mendapatkan tenaga listrik dari enam sepeda yang dikayuh, yang dihubungkan ke sebuah generator listrik. Pohon Natal itu akan menerangi balai kota Roma dan taman tersebut hingga tanggal 6 Januari mendatang.

Ketua Dewan Kota dan promotor acara penyalaan pohon Natal itu, Svetlana Celli mengatakan, inisiatif ramah lingkungan ini “bersifat simbolis namun efisien” serta merupakan “sinyal perdamaian dan harapan.”

Pedalotto’ tentu saja merupakan pohon yang dibutuhkan di taman ini, yang sudah bertahun-tahun tidak memilikinya, namun kali ini dengan sesuatu yang unik, pohon itu menyala ketika warga mengayuh sepeda-sepeda tersebut.

Bintang di puncak pohon itu juga akan menyala dengan mengayuh mulai hari ini hingga selesai liburan Natal. Ini merupakan sinyal, simbol dari masa yang sulit melawan perubahan iklim, pentingnya menghemat energi dan segala sesuatu yang kita lalui.

Saat acara penyalaan pohon Natal, Wali Kota Roma, Roberto Gualtieri, Ketua Dewan Kota Svetlana Celli, beberapa anggota dewan dan warga mengayuh sepeda-sepeda itu untuk menyalakan pohon Natal.

Andrea Satta, musisi dan pencipta “panggung sepeda” itu mengatakan, “Prioritas tahun ini adalah lingkungan. Ini merupakan tantangan utama untuk dekade mendatang. Sepeda merupakan salah satu solusinya. Solusi lainnya adalah energi terbarukan. Sejarah dan peristiwa masa kinilah yang menunjukkan hal ini kepada kita.”

Inisiatif itu menyusul peresmian pohon Natal terpenting di kota Roma yang berada di tengah Piazza Venezia. Lampu-lampu di pohon Natal ramah lingkungan setinggi 27 meter itu dinyalakan dengan menggunakan dua panel surya.

SUMBER : VOA Indonesia

FIFA Selidiki Mengapa Koki Selebritas Pegang Piala Dunia di Lapangan

Previous article

Irwasum Polri Pastikan Pengamanan Nataru di DIY berjalan aman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info