Kota JogjaNews

Ini Cara Menjaga Imunitas dengan Nutrisi yang Tepat

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Salah satu cara dalam meningkatkan imunitas tubuh adalah melalui pengaturan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Semakin seimbang dalam menakar asupan nutrisi melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi, semakin baik pengaruhnya terhadap kecukupan gizi dan imunitas tubuh .

Dian C. Sulistyoningrum, BSc, MSc, PhD (C),Departemen Gizi Kesehatan FK-KMK UGM mengatakan Sistem imun kita itu sebuah network yang kompleks yang berfungsi untuk melindungi kita dari serangan microbia berbahaya juga untuk penyakit tertentu. Sistem imun kita mengenali benda asing baik itu bakteri maupun virus dan langsung berperan aktif – berperan sebagai pertahanan diri.

” Tidak ada makanan khusus yang bisa membantu menjaga imunitas kita. Akan tetapi banyak faktor yang bisa membantu, salah satunya gizi yang seimbang dan pola hidup sehat seperti tidur yang cukup, aktivitas fisik yang mencukupi dan manajemen stress yang paling baik yang bisa membantu menjaga imunitas dengan baik,” jelasnya.

Ia mengatakan Gizi yang seimbang dapat diperoleh dari pola makan yang sesuai untuk usia, jenis kelamin, aktivitas fisik dan kebutuhan lainnya yang mengandung gizi makro dan gizi mikro. Apa itu gizi makro, gizi makro terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein – adalah sumber nutrisi yang menghasilkan energi.

” Selain itu gizi yang seimbang juga memerlukan asupan vitamin dan mineral, atau yang disebut dengan gizi mikro. Gizi mikro tidak menghasilkan energi, tetapi memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai sistem di dalam tubuh kita termasuk sistem imun,” lanjutnya/

Masyarakat dapat mengkonsumsi suplemen untuk menunjang kesehatan. Suplemen dapat membantu Anda memastikan telah terpenuhinya kebutuhan tubuh akan nutrien-nutrien penting yang diperlukan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Yang perlu diingat, suplemen bukan ditujukan sebagai pengganti obat-obatan atau prosedur medis lain dalam mengobati maupun mencegah suatu penyakit. Suplemen juga bukan pengganti makanan sepenuhnya. Anda tetap perlu mengonsumsi berbagai macam makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Artinya, suplemen tampil untuk melengkapi atau menambah asupan makan Anda.

Agar Anda bisa mendapatkan manfaat suplemen dan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan di kemudian hari, perhatikan hal-hal di bawah ini sebelum mulai mengonsumsi produk tersebut:

” Hindari mengonsumsi suplemen dengan tujuan mengobati penyakit tertentu, apalagi jika Anda membuat diagnosis sendiri. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokte,” lanjutnya/ 

Ia menegaskan Sebelum mengonsumsi suplemen, pastikan bahwa Anda sudah memahami manfaat kesehatannya bagi Anda, risiko yang mungkin ditimbulkan, aturan pemakaian, serta berapa lama Anda harus menggunakannya.

Film Ramah Anak Akhir Tahun Puss in Boots: The Last Wish

Previous article

Video YouTube Terpopuler Tahun 2022 

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja