Flash InfoLifestyleNews

Ini Film Indonesia yang ramaikan festival luar negeri 2022

0
film indonesia festival

STARJOGJA.COM,INFO – Ada sejumlah Film Indonesia yang ramaikan festival luar negeri 2022. Sepanjang tahun 2022, beberapa film Indonesia juga turut meramaikan perhelatan festival dan acara penghargaan di luar negeri.

Hal itu membuahkan kebanggaan tersendiri bagi penikmat film tanah air sebab karya Indonesia dapat dikenal dan dinikmati oleh audiens asing serta menunjukkan bahwa karya Indonesia juga berkualitas.

Berikut rangkuman beberapa film Indonesia yang turut hadir di festival dan acara penghargaan luar negeri, baik yang ikut terlibat dalam kompetisi maupun yang ditayangkan di acara tersebut. Daftar berikut diurutkan berdasarkan waktu perilisan film.

Before, Now, and Then (Nana)

Film panjang keempat yang disutradarai Kamila Andini ini ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Berlin pada 12 Februari 2022.

Pada perhelatan itu, “Before, Now, and Then (Nana)” mendapat nominasi Penghargaan Golden Bear untuk kategori film terbaik dan memenangkan Silver Bear untuk penampilan peran Laura Basuki kategori best supporting performance.

Film drama berlatar sejarah Indonesia era 1960-an ini juga berkompetisi di Festival Film Sydney, mendapat penghargaan di Festival Film Internasional Brussels dan Asia Pacific Screen Awards. Di dalam negeri, film ini pun turut menyabet penghargaan Festival Film Bandung dan Festival Film Indonesia.

“Before, Now & Then” kemudian didistribusikan di Indonesia yang kini masih dapat ditonton melalui platform Amazon Prime Video sejak 1 Agustus 2022.

Ngeri-Ngeri Sedap

Film berlatar budaya Batak ini disutradarai dan ditulis oleh Bene Dion Rajagukguk. “Ngeri-Ngeri Sedap” resmi mewarnai layar bioskop Indonesia pada 2 Juni 2022 dan telah membawa pulang sejumlah penghargaan seperti di Festival Film Indonesia dan Festival Film Bandung.

Oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022, film ini kemudian diputuskan menjadi perwakilan Indonesia yang diajukan ke Academy Awards ke-95 kategori Film Fitur Internasional. Penghargaan Oscar itu akan digelar pada 12 Maret 2023 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Sebagai informasi, “Ngeri-Ngeri Sedap” saat ini masih dapat dinikmati melalui platform Netflix.

Inang

Pada Juli 2022, “Inang” karya sutradara Fajar Nugros diputar secara perdana di Festival Film Fantasi Internasional Bucheon. Film horor ini kemudian tayang di bioskop tanah air pada 13 Oktober 2022 serta ditayangkan di negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia.

Di dalam negeri, “Inang” turut mendapat nominasi di Festival Film Indonesia. Pada November lalu, pihak produksi melalui kanal media sosial mengumumkan bahwa “Inang” telah ditonton oleh 828.168 orang.

Pengabdi Setan 2: Communion

Sekuel “Pengabdi Setan” garapan Joko Anwar ini menjadi salah satu film horor yang paling dinantikan penonton Indonesia, tayang perdana di bioskop tanah air pada 4 Agustus 2022. Pada September lalu, pihak produksi mengumumkan bahwa film ini telah ditonton oleh 6.315.672 orang di bioskop.

“Pengabdi Setan 2” sempat ditayangkan di Sitges Film Festival, Festival Film Internasional Busan, hingga MOTELX – Festival Film Horor Internasional Lisabon. Selain itu, film ini juga mendapat nominasi dan penghargaan di Festival Film Wartawan Indonesia dan Festival Film Indonesia.

Selain di Indonesia, “Pengabdi Setan 2” juga ditayangkan di bioskop Malaysia dan Singapura. Kini, film tersebut masih dapat dinikmati melalui platform Disney+ Hotstar.

Autobiography
​​​​​​​

Film “Autobiography” menandai debut Makbul Mubarak dalam penyutradaraan film panjang yang diputar perdana di Festival Film Venesia pada 2 September 2022.

“Autobiography” juga ditayangkan di beberapa festival lain seperti Festival Film Internasional Busan, Festival Film Internasional Toronto, Festival Film Internasional Stockholm, serta Festival Film Internasional QCinema. Film ini juga meraih penghargaan di Festival Film Indonesia dan Festival Film Asia Jogja-NETPAC.

“Autobiography” dikabarkan akan tayang di bioskop tanah air pada 19 Januari 2023.

SUMBER : ANTARA

Kebakaran Hebat Landa Pabrik BRA Bantul

Previous article

Optimalkan Manfaat Fintech, Simak 5 Cara Aman Bertransaksi Digital

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info