Kota JogjaNews

Dukcapil Jogja Layani Kembali Pencetakan KTP-el

0
syarat sma diy
Perekaman data kependudukan e-KTP

STARJOGJA.COM, JOGJA – Dukcapil Jogja Layani Kembali Pencetakan KTP-el. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta melayani kembali pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Layanan ini dihadirkan melalui mal pelayanan publik (MPP) usai terjadi kekosongan blangko sejak pertengahan Desember 2022

“Hari ini (Kamis),  kami mengambil langsung ke pusat. Harapannya, besok (Jumat, 6/1) sudah bisa mulai melayani pencetakan KTP elektronik kembali,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta Bram Prasetyo di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Bram, jumlah blangko yang akan diambil di pusat sebanyak 6.000 keping atau sesuai dengan permohonan yang diajukan berdasarkan kebutuhan untuk layanan KTP bagi pemula, penggantian kartu yang hilang atau rusak, perubahan biodata kependudukan, layanan “drive thru”, dan bantuan untuk mencetak KTP dari luar domisili.

Sejak persediaan blangko KTP-el kosong,  katanya, hingga saat ini ada lebih dari 1.000 warga yang memegang surat keterangan KTP sebagai pengganti sementara KTP-el.

“Setiap hari, kami mengeluarkan sekitar 170 lembar surat keterangan sebagai pengganti sementara KTP-el. Jadi sampai saat ini ada sekitar 1.000 lebih warga yang masuk daftar tunggu cetak KTP-el,” katanya.

Ia mengatakan warga bisa langsung datang ke Gedung MPP Yogyakarta dengan membawa surat keterangan KTP disertai syarat lain, seperti KTP lama yang rusak atau surat kehilangan untuk KTP yang hilang untuk mencetak KTP-el baru.

“Nanti akan diarahkan oleh petugas untuk pelayanan pencetakan KTP-el. Bagi warga lain yang membutuhkan KTP-el bisa langsung datang ke MPP atau mendaftar terlebih dahulu secara daring. Semua kami layani,” katanya.

Sedangkan layanan pencetakan KTP-el melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), lanjut Bram, hingga saat ini belum dapat diakses karena sistem belum terkoneksi.

SUMBER : ANTARA

Ahli UGM  Tanggapi Petisi Kembalikan WFH

Previous article

Selter Covid-19 Jogja Tetap Dioperasikan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja