Flash InfoLifestyleNews

Kenali dan Atasi Monday Blues Yang Bisa Bikin Lemas

0
monday blues

STARJOGJA.COM, HEALTH – Merasa lemas dan tidak bersemangat saat akan beraktivitas di hari Senin? Mungkin saja star lovers mengalami Monday blues.

Monday blues adalah istilah untuk menggambarkan perasaan bosan dan tidak bersemangat yang dirasakan saat menjelang hari Senin. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, ketidaksiapan mental untuk kembali beraktivitas disinyalir menjadi faktor terjadinya Monday blues.

Meskipun terlihat sederhana, Monday blues tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, perasaan ini dapat memicu stres yang membuat suasana hati buruk dan produktivitas menurun.

Bahkan, jika terjadi dalam jangka waktu lama, stres berlebihan dapat memicu terjadinya sejumlah masalah kesehatan, termasuk obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Agar rasa tidak bersemangat menjelang Senin bisa teratasi, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Lakukan perawatan diri di akhir pekan
Melakukan perawatan diri di akhir pekan bisa membantmu mengatasi Monday blues. Manjakan dirimu dengan melakukan me time atau berkumpul bersama dengan keluarga dan sahabat. Dengan begitu, mood dapat meningkat serta pikiran dan tubuhmu menjadi rileks. Kamu pun akan lebih siap untuk menjalani hari Senin.

2. Batasi diri dengan pekerjaan di akhir pekan
Akhir pekanmu sebaiknya hanya dipakai untuk beristirahat dan berlibur saja, ya. Sebisa mungkin jangan gunakan waktu libur untuk mengurus pekerjaan, karena ini dapat membuatmu kelelahan dan tidak bersemangat di hari Senin.

Jika tidak memungkinkan, kamu bisa sisihkan waktu hanya 1–2 jam untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Kamu juga bisa manfaatkan waktu ini untuk melakukan pekerjaan lebih awal, sehingga tekanan pekerjaan di hari Senin dapat berkurang.

3. Tetapkan jadwal hari Senin dengan baik
Bila memungkinkan, hindari menjadwalkan rapat atau tugas besar di hari Senin, ya. Hal ini dapat mencegah menumpuknya tugas dan rasa khawatir di akhir pekan. Kebiasaan ini juga bisa melatihmu memiliki manajemen waktu yang baik.

4. Buat jurnal untuk mengatasi stres
Cobalah curahkan tentang kekhawatiran di hari Senin pada buku harian. Tuliskan emosi yang kamu rasakan, apakah marah, sedih, atau takut?

Identifikasi apa yang membuatmu mengalami perubahan emosi tersebut, apakah itu tugas yang memang menumpuk atau lingkungan kantor yang tidak sehat? Lalu, temukan dan paparkan langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengatasinya.

Membuat jurnal harian bisa membantumu mengurangi beban pikiran dan menemukan akar masalah dari Monday blues yang kamu alami.

5. Terapkan pola hidup sehat
Selain melatih mental agar lebih kuat, rutin berolahraga dapat membuatmu merasa lebih bahagia dan terhindar dari Monday blues. Pastikan juga kamu mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Pilihlah makanan yang bisa meningkatkan mood, seperti ikan, pisang, cokelat hitam, yoghurt, atau kacang-kacangan.

Selain itu, jangan bergadang dan cukupi waktu tidur setiap malam, yaitu 7–9 jam per malam. Kamu juga bisa lho tidur lebih awal supaya lebih bersemangat esok paginya.

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Monday blues dan menyambut hari Senin dengan lebih baik. Ingat ya, lakukan dengan konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal

Jika setelah melakukan cara di atas kamu masih saja merasakan Monday blues hingga sudah membuat aktivitasmu terganggu, sebaiknya konsultasikan dengan psikolog atau psikiater untuk mendapatkan saran terbaik.

Sumber : Alodokter.com

Ini Bahaya Si Kecil Jika Makan Jajanan ‘Chiki Ngebul’

Previous article

Ini Kebiasaan Digital Sehat Untuk Perkuat Keamanan Data Pribadi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info