Lifestyle

Bisa Untuk Diet,Yuk Intip Manfaat Buah Pir

0
Manfaat Buah Pir

STARJOGJA.COM, Pir merupakan buah yang rasanya enak. Selain rasanya yang enak, manfaat buah pir juga sangat beragam.

Pir merupakan buah yang rasanya manis agak asam dengan kandungan air yang cukup banyak. Nutrisi dalam buah ini cukup lengkap, sehingga manfaat buah pir juga sangat beragam. Lalu, apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah pir?

Pir diketahui mengandung banyak nutrisi, seperti protein, lemak, karbohidrat, serta, dan energi. Selain itu, buah pir juga memiliki banyak vitamin, antara lain; vitamin B2, B2, B3, B5, B6, dan B9 atau folat.

Sementara itu, kandungan mineral dalam buah pir, antara lain; kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, dan natrium. Pir juga diketahui mengandung antioksidan dan senyawa aktif lainnya.

Kandungan nutrisi yang beragam membuat buah pir mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari situs Medical News Today, berikut ini sejumlah manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : Star Lovers, Jangan Lakukan Ini Di Tempat Kerja!

Manfaat buah pir untuk diet

Kandungan serta yang tinggi membuat buah pir berguna untuk makanan saat sedang diet. Serat dalam buah pir bisa menjaga kesehatan usus, sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal inilah yang membuat buah pir dapat mempercepat penurunan berat badan.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular dapat disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Salah satu manfaat makan buah pir yaitu bisa menurunkan risiko penyakit tersebut.

Sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang dengan sindrom metabolik yang mengkonsumsi buah pir setiap hari selama 12 minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan tekanan nadi. Dengan demikian, risiko penyakit kardiovaskular bisa dicegah.

Melawan radikal bebas

Manfaat dari buah pir lainnya yaitu bisa melawan radikal bebas. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah pir bisa mencegah kerusakan pada sel. Dengan demikian, tubuh bisa tetap sehat.

Membersihkan saluran pencernaan dari racun

Manfaat buah pir untuk anak-anak dan orang dewasa lainnya yaitu bisa membersihkan saluran pencernaan. Buang air besar yang teratur sangat penting untuk menunjang kesehatan saluran pencernaan. Buah pir mengandung air yang cukup tinggi, sehingga bisa membuat feses lembut dan membantu membersihkan sistem pencernaan dari berbagai racun.

Manfaat buah pir untuk lambung

Berdasarkan keterangan di situs Hermina Hospital, buah pir menjadi salah satu makanan yang aman untuk penderita asam lambung. Manfaat buah pir untuk asam lambung karena kandungan asam yang rendah. Manfaat buah pir untuk maag ini bisa dirasakan oleh pria maupun wanita.

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Pir termasuk buah yang aman dikonsumsi ibu hamil.  Manfaat pir untuk ibu hamil ditunjang oleh kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. Buah pir  bisa mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil.

Meskipun demikian, manfaat buah pir bagi ibu hamil ini akan diperoleh apabila dikonsumsi secukupnya. Untuk mengetahui kebutuhan buah pir harian, ibu hamil bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Sumber : Bisnis Indonesia

 Kuota Haji  2023  di Kota Yogyakarta Meningkat

Previous article

BBPOM Beri Pembinaan ke Penjual Cikibul di Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle