CulinaryFlash InfoNews

Icip-Icip Ayam Goreng Cak Yunus Yang Legendaris

0
Cak Yunus

STARJOGJA.COM, JOGJA – Ayam goreng adalah makanan sejuta umat. Masakan ini sudah sangat familiar di lidah warga Indonesia. Jogja punya salah satunya, yang dikenal dengan nama Fried Chicken Cak Yunus

Meskipun bentuk dari resto Fried Chicken Cak Yunus ini kaki lima yang menggunakan tenda warna biru, namun resto ini selalu ramai dan tidak pernah sepi pengunjung, perhari nya bisa menghabiskan 750 porsi atau kurang lebih menghabiskan 75 kg ayam.

Lokasi Fried Chicken Cak Yunus ini bisa dibilang sangat strategis karena berada di Jl. Sultan Agung, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta tepatnya dibelakang halte Trans Jogja Museum Biologi yang dimana lokasi ini tidak jauh dari pusat keramaian Kota Yogyakarta.

Awal mula Fried Chicken Cak Yunus ini berdiri memiliki keunikan ceritanya tersendiri, yang dimana resto ini sudah berdiri sejak tahun 1999 silam, dan nama pemilik resto ini bukanlah Yunus, namun Pak Ayyib. Nama Yunus sendiri adalah nama anak dari Pak Ayyib ini, dahulu ketika Yunus masih kecil dan sedang sakit, sering meminta ayam goreng dengan merek ternama di pasaran.

Sayangnya Pak Ayyib tidak menemukan ayam goreng yang diinginkan seorang anaknya tersebut, namun Pak Ayyib tak habis akal, ia akhirnya membuat ayam goreng sendiri. Setelah moment tersebut si Yunus menjadi suka ayam goreng buatan ayahnya tersebut, dan sering meminta untuk di gorengkan selalu. Sejak saat itulah Pak Ayyib memutuskan untuk menjual ayam gorengnya tersebut hingga saat ini.

Yang menjadikan Fried Chicken Cak Yunus ini spesial adalah ayam goreng ini memiliki cita rasa bumbu masakan yang Jawa banget. Kemudian bumbunya itu bisa meresap banget hingga ke daging terdalamnya, karena memang diungkep selama satu jam. Lalu memiliki tekstur daging yang sempurna, kulit crispy kriuk yang garing di luar renyah banget dan daging yang super lembut dan sedikit juicy.

Kemudian Fried Chicken pada umumnya menggunakan pendamping saus sambal atau saus tomat, namun Cak Yunus ini menggunakan sambel tomat yang memiliki cita rasa pedas manis di temani oleh timun yang segar mengimbangi makanan berminyak ini. Satu lagi yang menjadikan ayam goreng ini spesial adalah harganya.

Ayoo buruan dicoba kriukny ayam goreng ini.

Sumber : visitingjogja.com.

Benarkah vape lebih aman daripada rokok konvensional?

Previous article

PLN : Pemadaman Listrik Yogyakarta, Senin 16 Januari 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary