News

 Kuota Haji  2023  di Kota Yogyakarta Meningkat

0
Kuota haji Yogyakarta
ibadah haji (JIBI)

STARJOGJA.COM, Info  —  Kuota haji untuk keberangkatan 2023 dapat meningkat di Kota Yogyakarta. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Muhammad Tahrir kenaikan kuota haji ini dapat lebih dari dua kali lipat dibanding kuota tahun sebelumnya seiring dengan kenaikan kuota haji nasional.

“Memang belum ada informasi resmi terkait kuota yang akan diterima Kota Yogyakarta. Tetapi mudah-mudahan bisa naik signifikan dibanding tahun lalu,” katanya  di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, pembagian kuota jamaah haji untuk Kota Yogyakarta akan menunggu kepastian kuota untuk DIY terlebih dulu baru kemudian dibagi untuk kota dan empat kabupaten lain di provinsi tersebut.

Baca juga : Kuota Haji Indonesia Akan Bertambah Tahun 2023

Pada penyelenggaraan ibadah haji 2022, Kota Yogyakarta mendapat kuota sebanyak 156 orang dari daftar tunda 2020 sebanyak 318 orang dan diharapkan pada tahun ini bisa meningkat hingga 410 orang yang diberangkatkan ke tanah suci.

Jamaah yang diberangkatkan tahun ini akan diprioritaskan untuk jamaah yang pemberangkatannya tertunda pada tahun lalu karena kebijakan pembatasan kuota.

“Pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini pun tidak ada lagi kebijakan pembatasan usia maksimal 65 tahun seperti yang berlaku pada tahun lalu,” katanya.

Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta juga menyediakan kuota cadangan satu persen untuk jamaah lanjut usia.

“Saat ini, kami sudah mendata calon jamaah yang memiliki paspor dan sedang mengajukan pembuatan paspor untuk memastikan kelengkapan dokumen perjalanan haji,” katanya.

Sedangkan untuk ketentuan pembuatan visa haji, salah satu syarat yang dibutuhkan adalah kelengkapan vaksinasi COVID-19. “Untuk ketentuan teknis lain, kami masih menunggu petunjuk dari pusat,” katanya.

Berdasarkan data Kementerian Agama, total kuota haji Indonesia pada tahun ini sebanyak 221.000 Muslimin yang terdiri dari 203.320 jamaah haji reguler ditambah 17.680 jamaah haji khusus, serta 4.200 untuk petugas haji.

Jumlah kuota haji tahun ini juga meningkat dibanding total kuota pada tahun sebelumnya 100.051 jamaah. Kementerian Agama juga masih berharap mendapat tambahan kuota haji tahun ini.

Sedangkan untuk Kota Yogyakarta, akan ada tiga petugas haji yang ikut diberangkatkan untuk mendampingi jamaah selama menjalankan ibadah.

“Harapannya, masih ada tambahan kuota menjelang keberangkatan ibadah haji tahun ini,” katanya.

Sumber :  Antara

Bayu

Star Lovers Pilih Mana? Ini Dia Tren Healing Di 2023

Previous article

Bisa Untuk Diet,Yuk Intip Manfaat Buah Pir

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News