galeryHealthKota JogjaNews

Kenali Gejala Tumor Otak Sebelum Terlambat Penanganannya

0
gejala tumor otak

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kenali Gejala Tumor Otak Sebelum Terlambat Penanganannya. Tumor otak menjadi salah satu penyakit yang sering ditemui di berbagai kalangan usia. Tumor otak adalah penyakit yang timbul akibat tumbuhnya jaringan abnormal di otak. Tergantung jenisnya, tumor otak ada yang bersifat jinak maupun ganas.

Munculnya tumor di otak bisa berasal dari jaringan otak itu sendiri (atau disebut tumor otak primer), bisa juga berasal dari tumor pada organ lain yang menyebar ke otak (tumor otak sekunder).

dr. Dian Prasetyo Wibisono, M.Sc. Sp.BS, dari Departemen Bedah, Divisi Bedah Saraf FK-KMK UGM mengatakan Gejala tumor otak berbeda-beda tergantung jenisnya. Gejala yang muncul dipengaruhi oleh ukuran, kecepatan pertumbuhan, dan lokasi tumor.

” Tanda dan gejala itu tergantung pada jenis tumornya. beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena tumor otak, diantaranya adalah usia dan juga faktor genetik/keturunan,” jelasnya.

Salah satu ciri umum Tumor otak adalah adanya sakit kepala yang berkepanjangan. Sakit kepala ini cenderung memburuk ketika baru bangun tidur, batuk, bersin, atau mengubah posisi kepala, dan tidak membaik dengan obat antinyeri yang dijual bebas.

“Gejala lain yang mungkin muncul adalah gangguan pendengaran, penglihatan, serta keseimbangan dan koordinasi tubuh. Di luar gejala fisik, Tumor otak juga dapat menimbulkan gejala psikologis atau mental. lalu kapan kita harus waspada? kalau sudah terganggu atau kualitas hidupnya terganggu,” lanjutnya.

Mengingat beberapa gejala itu dapat juga disebabkan oleh penyakit lain, seperti stroke, perdarahan otak, atau infeksi otak, maka untuk memastikan diagnosis tumor otak tidak cukup berpatokan kepada gejala yang dialami.

” Cara terbaik untuk memastikan tumor otak adalah memeriksakan diri ke dokter,” tegasnya.

Dokter akan melakukan pemeriksaan secara lengkap, mulai dari mengevaluasi gejala yang dirasakan, melakukan pemeriksaan fisik, serta melakukan pemeriksaan tambahan berupa pemindaian otak, yaitu CT scan, PET scan, dan MRI otak.

Bila perlu, dokter juga akan menganjurkan pemeriksaan biopsi jaringan otak, untuk menentukan tipe dan stadium tumor. Penentuan jenis tumor ini akan membantu dokter untuk memperkirakan keparahan penyakit dan merencanakan pengobatan.

Panic! At The Disco Bubar

Previous article

Beda dengan Korsel, Tidak Ada Resesi Seks di Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in galery