CulinaryKab GunungkidulNews

Kicikan Kuliner Gunungkidul Yang Makin Langka

0
kicikan gunungkidul

STARJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL -Kicikan Kuliner Khas Gunungkidul Yang Makin Langka. Di Gunungkidul ada kuliner unik yang keberadaannya bahkan dipercaya sudah mulai langka.

Makanan unik khas Gunungkidul tersebut bernama Kicikan. Kicikan adalah makanan yang berbahan dasar bagian tubuh sapi.

Dilansir dari berbagai sumber menyebutkan Kicikan umumnya dibuat dari campuran daging dan jeroan sapi yang dicacah. Kemudian cacahan daging dan jeroan itu diolah sedemikian rupa menjadi kuliner berkuah yang lezat.

Diberi nama Kicikan karena campuran cacahan daging dan jeroan tersebut dimasak dengan bumbu kicik. Dinamakan begitu karena salah satu rahasia kelezatannya adalah daun kicik yang digunakan sebagai bumbu. Rasa gurih dan manis tetap dominan, tapi tidak bikin bosan. Sensasinya akan semakin nikmat jika disantap dengan nasi tiwul atau nasi liwet jangan lupa sambel bawangnya.

Saat ini, menemukan kicikan itu tidak mudah karena penjualnya sedikit. Jika ingin mencoba, kamu bisa datang ke pasar-pasar tradisional di Gunungkidul. Biasanya satu porsi seharga Rp5.000 dibungkus dengan daun jati. Murah, enak dan tentu saja bikin kenyang.

226 Km Lebih Jalan Provinsi DIY Rusak

Previous article

Karnaval PBTY Tampilkan Kolaborasi Budaya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary