Lifestyle

Manfaat Buah Tin bagi Tubuh

0
manfaat buah tin
manfaat buah tin

STARJOGJA.COM, Info –  Buah tin (Ficus carica L.) yang disebut oleh Alquran memiliki manfaat khusus. Makan buah tin memiliki efek yang baik terhadap kesehatan tubuh.

Daging buahnya berwarna merah muda dengan ratusan biji kecil yang menghasilkan tekstur renyah ketika dimakan.

Buah Tin Manfaat dari buah tin tidak terlepas dari kandungan gizi di dalamnya. Maka dari itu, sebelum mengetahui manfaat buah tin, alangkah baiknya untuk menambah pengetahuan mengenai kandungan gizi di dalamnya.

Dilansir dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, kandungan gizi dari buah tin adalah berikut.
Energi (74 Kcal)
Protein (0,75 g)
Karbohidrat (19,18 g)
Serat (2,9 g)
Gula (16,26 g)
Kalsium (35 mg)
Magnesium (17 mg)
Kalsium (232 mg)
Kandungan gizi lainnya dari buah tin menurut alodokter.com juga mengandung fosfor (14 mg),
vitamin C (2 mg),
vitamin E (0,11 mg),
vitamin B6, tembaga, dan antioksidan.

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Beragam gizi tersebut memberi manfaat bagi kesehatan pencernaan hingga mencegah terjadinya kanker. Berikut ini beberapa manfaat-manfaat buah tin bagi tubuh.

1. Mencegah penyakit kronis Manfaat buah tin adalah dapat mencegah penyakit kronis. Antioksidan dalam buah tin yang berupa flavonoid dan asam fenolik mampu berperan dalam mencegah penyakit kronis, seperti katarak, diabetes, dan penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan jantung

Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah menyebabkan terbentuknya plak yang memicu penyempitan pembuluh darah. Buah tin mengandung serat larut berupa pectin yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Manfaat buah tin bagi tubuh manusia yakni dapat menyehatkan pencernaan. Hal ini karena kandungan seratnya yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan.  Berdasarkan penelitian, salah satu manfaat buah tin adalah dapat mengurangi gejala irritable bowel syndrome (IBS), seperti diare, sembelit, kembung, dan kram perut.

Selain itu, buah tin juga mampu memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan sehingga proses pencernaan berjalan dengan maksimal.

4. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah tin dalam menjaga kesehatan kulit berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan mampu mencegah kerusakan kolagen dan memperbaiki kerutan di kulit.

5. Mengatasi anemia

Anemia adalah kondisi tubuh ketika kekurangan sel darah merah. Cara pengobatannya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Zat besi di dalam buah tin mampu menanggulangi kekurangan zat besi tersebut sehingga anemia dapat teratasi.

6. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah tin bagi tubuh manusia lainnya dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral, seperti kalium, magnesium, dan fosfor yang sangat baik untuk mencegah osteoporosis dan menutrisi tulang.

7. Mencegah kanker

Selain menjaga kesehatan tulang, buah tin berpotensi mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama kanker usus. Sel yang rusak dapat memicu kanker. Kandungan antioksidan pada buah tin mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas sehingga risiko kanker menjadi berkurang.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah tin dalam Al-quran yakni dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini berkat kandungan antibodi yang mampu membantu menangkal radikal bebas dan menghancurkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, buah tin mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Sumber : Bisnis

Baca juga : Gerakan Buah Nusantara, Tingkatkan Konsumsi Buah Lokal

Bayu

Indonesia Segera Kirim Bantuan Korban Gempa Turki

Previous article

Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Sudah Penuhi KLB

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle