Flash InfoHealthNews

11 Manfaat Puasa Yang Jarang Diketahui

0
mengantuk puasa
Ilustrasi-puasa-vitals.lifehacker.com

STARJOGJA.COM, HEALTH – Ada 11 Manfaat puasa yang jarang diketahui oleh masyarakat. Manfaat ini utamanya buat kesehatan. Selain bernilai ibadah, puasa juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan psikologis.

Apa saja manfaat puasa untuk kesehatan?

Simak penjelasannya di bawah.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Puasa memiliki manfaat bagi kesehatan, mulai dari kesehatan kulit hingga kesehatan jantung. Berikut ini beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

1. Membantu membuang lemak

Pembakaran lemak dapat terjadi ketika tubuh dalam kondisi ketosis atau kekurangan karbohidrat. Lemak yang tersimpan di dalam tubuh, apalagi yang berada di sekitar organ, perlu untuk dibuang agar tidak mengganggu fungsi organ.  Kondisi ketosis terjadi lebih cepat ketika sedang berpuasa daripada ketika membatasi asupan kalori.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa salah satu manfaat puasa yakni dapat meningkatkan metabolisme lemak secara signifikan pada tubuh.

2. Meningkatkan regenerasi sel
Selain membuang lemak, manfaat puasa untuk kesehatan juga memicu tubuh untuk melakukan regenerasi sel dengan mengganti sel-sel rusak dan mengoptimalkan sel-sel tua.

3. Memperbaiki kuku dan rambut
Ketika berpuasa, tubuh mendaur ulang sel. Hal ini berpengaruh terhadap kesehatan kuku dan rambut. Kuku dan rambut yang semula terlihat kusam dan kering sebab adanya regenerasi sel mampu membuat tampilan kuku dan rambut menjadi lebih sehat dan indah.

4. Menjaga kesehatan kulit
Manfaat puasa untuk kesehatan kulit dapat mencegah penuaan. Gula darah tinggi dapat mengubah dan melemahkan ketahanan struktur kolagen. Dengan berpuasa, gula darah dapat menurun. Hal ini menjadi salah satu bagian perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini.

5. Mengurangi risiko diabetes
Seperti yang telah disebutkan bahwa puasa mampu menurunkan kadar gula darah. Maka dari itu, risiko penyakit diabetes dapat berkurang.

6. Memperbaiki metabolisme tubuh
Saat berpuasa, tubuh melakukan regenerasi sel dan memperbaiki gangguan sistem metabolisme tubuh. Dengan demikian, manfaat puasa bagi ibu hamil dapat memperbaiki metabolisme pada tubuh selama masa kehamilan.

7. Mengontrol berat badan saat hamil

Saat tidak berpuasa, ibu hamil akan cepat sekali merasa lapar sehingga berat badan meningkat secara signifikan. Ketika puasa, ibu hamil hanya bisa makan pada malam dan dini hari. Dengan demikian, manfaat puasa bagi ibu hamil juga dapat mengontrol kenaikan berat badan.

8. Meningkatkan kesehatan jantung
Peneliti juga menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kinerja otot jantung, mengurangi kerusakan jantung akibat radikal bebas, dan meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah pada jantung.  Manfaat puasa untuk kesehatan jantung telah diteliti pada hewan. Meskipun penelitian terhadap manusia masih terbatas.

9. Meningkatkan hormon pertumbuhan
Tidak hanya baik menjaga kesehatan jantung. Manfaat puasa mampu meningkatkan hormon pertumbuhan, salah satunya hormon pertumbuhan kekuatan otot.

Manfaat Puasa Secara Psikologis
Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, puasa juga menyehatkan dari sisi psikologis. Inilah dua manfaat puasa secara psikologis.

1. Mengurangi kecemasan

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, manfaat puasa secara psikologis dapat mengurangi kecemasan. Berdasarkan penelitian, puasa dapat mengurangi rasa takut, membuat pikiran tenang, damai, bahagia, serta mengurangi kecemasan dan depresi.

2. Meningkatkan kecerdasan emosional
Manfaat puasa secara psikologis juga dapat meningkatkan kecerdasan emosional. Sebuah riset menyebutkan bahwa manfaat puasa dari sisi psikologis yakni dapat menumbuhkan rasa simpati dan empati, memberikan mood positif, dan mematangkan kecerdasan emosional bagi yang menjalaninya.

Itulah sejumlah manfaat puasa yang penting untuk diketahui. Dari penjelasan di atas kita bisa mengetahui bahwa ternyata puasa bisa menjadi salah satu gaya hidup sehat yang bermanfaat untuk tubuh.

Awas! Lima Lokasi di Kulonprogo Ini Rawan Kecelakaan

Previous article

Fenomena Home Workers Membawa Yhola Raih IPK 4,00

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info