Lifestyle

Pakar Gizi : Tempe Bisa Cegah Stunting

0
Makanan dan Minuman Fermentasi

STARJOGJA.COM, Tempe bisa menjadi alternatif kudapan sehat bahkan bisa mencegah stunting. Hal ini diungkapkan pakar gizi klinik Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK.

“Tempe bisa digunakan sebagai lauk saat makan makanan utama dan juga sebagai kudapan untuk memenuhi kebutuhan protein harian, yang kebutuhannya mencapai sekitar 60 gram per hari,” kata Fiastuti.

Kandungan protein, zat besi, dan kalsium tempe menurut dokter dari Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM) itu lebih tinggi dibanding daging sapi sehingga sangat baik dikonsumsi ibu hamil dan anak balita untuk mencegah stunting.

Selain itu, kandungan lemak jenuh dan garam pada tempe lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi, kata Fiastuti. Itulah sebabnya tempe disebut makanan super atau superfood asli Indonesia.

Fiastuti menjelaskan bahwa dalam 100 gram tempe setidaknya mengandung 20,8 gram protein, 8,8 gram lemak, 1,4 gram serat, dan 201 kalori. Sebagai perbandingan, dalam 100 gram daging sapi biasanya hanya mengandung 17,5 gram protein.

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu juga menginformasikan jika tempe juga baik untuk pembentukan tubuh dan kesehatan pencernaan anak-anak hingga orang tua.

“Dengan gizi yang tinggi, tempe diproduksi dengan energi yang lebih rendah dan dijual lebih murah dibanding daging sapi di Indonesia,” kata Fiastuti.

Variasi olahan

Sementara itu, pakar tempe yakni Dr. Dra. Suliantari, MS menjelaskan bahwa membuat tempe merupakan satu hal yang mudah, namun, yang higienis dan memenuhi standar merupakan hal yang sulit.

“Terutama menyangkut kebiasaan membuat tempe di Indonesia sendiri. Sejumlah produsen tempe di Indonesia telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan standar mutu tempe internasional (codex). Codex tersebut lebih banyak mengadopsi ke SNI,” kata Suliantari.

Suliantari mengatakan uuna menghilangkan rasa bosan saat memakan tempe, masyarakat dapat mencoba berbagai olahan lainnya, mislanya keripik tempe, yang mudah untuk dikonsumsi.

Produsen kudapan Taro mengumumkan produk baru berbahan dasar tempe, yaitu Taro Tempe, yang mereka sebut sebagai cara untuk memperkenalkan tempe lebih luas lagi baik di pasar Indonesia maupun global. Snack itu hadir dengan varian rasa Teriyaki Barbecue dan Chicken Onion.

Sumber : Antara

Baca juga : Star Lovers, Ini Bahaya Penggunaan Media Sosial Yang Berlebihan

 

BTS dan Le Sserafim Dapatkan Sertifikasi Streaming RIAJ dari Jepang

Previous article

OPINI : Pembentukan Perppu Ciptaker Melalui Proses Aspiratif dan Partisipatif

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle