News

Jokowi : Indonesia Negara 3 Teratas Rawan Bencana

0
Indonesia rawan bencana
TNI membantu masyarakat yang terkena bencana banjir di Sleman
STARJOGJA.COM, Info –  Soal negara yang rawan bencana Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia  ada di posisi ketiga teratas negara. Bahkan, Jokowi menyebut jika 12 tahun terakhir ini di Indonesia, frekuensi bencana alamnya naik hingga 81 persen. 
“Negara kita ini naik 81 persen frekuensi bencana alamnya. Dari tahun 2010 itu 1945 bencana, pada 2022 melompat 3.544 [bencana],” ujar Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana, Kamis (2/3/2023).
Lebih lanjut, dia mengingatkan, bahwa perubahan iklim kini menjadi hal yang paling dikhawatirkan oleh negara-negara di dunia. Pasalnya, perubahan iklim disebut sebagai penyebab dari meningkatnya frekuensi bencana alam.
Oleh karena itu, Jokowi meminta pemerintah daerah (pemda) untuk segera mewajibkan pendirian bangunan berspesifikasi rumah tahan gempa di titik-titik rawan bencana. Hal tersebut seharusnya telah menjadi perhatian utama dari berbagai pihak. Sebab, pendirian bangunan anti gempa menjadi hal terpenting dalam meminimalisir jatuhnya korban jiwa.
“Mestinya mulai diwajibkan agar mendirikan bangunan,  konstruksinya diarahkan antigempa,” terangnya Mantan Wali Kota Solo itu.
Dia  pun lantas menyinggung kejadian gempa bumi di Turki yang telah menewaskan hampir 51 ribu jiwa. Banyaknya korban tewas dalam bencana itu diprediksi karena bangunan tidak berspesifikasi tahan gempa.
“Sebagai contoh di Turki, korban meninggal 51 ribu jiwa dan ribuan masih hilang. Gedungnya tinggi-tinggi tetapi konstruksi bangunannya tidak anti gempa. Banyak bangunan runtuh,” ucap Jokowi.

 

 

 Sumber :  Bisnis

Baca juga : Indonesia Rawan Gempa Bumi dan Tsunami, Lalu?

Bayu

Jangan Lewatkan! Berbuka Puasa dengan Lebih dari 50 Menu di Kampoeng Ramadan Kimaya Sudirman Yogyakarta by HARRIS

Previous article

Toprak Akui  Sirkuit Internasional Mandalika Menjadi Favoritnya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News