Flash InfoMusicNewsNusantara

Museum Musik Indonesia cuman ada di Malang

0
museum musik indonesia
FOTO : Travelingyuk.com

STARJOGJA.COM, MALANG – Museum Musik Indonesia cuman ada di Malang. Kota Malang Jawa timur punya tempat menarik yang bisa menjadi rujukan untuk menyimak sejarah, perkembangan, dan ragam musik di Tanah Air.

Namanya Museum Musik Indonesia (MMI). Berada di lantai 2 Gedung Kesenian Gajayana, Jalan Nusakambangan No. 19, MMI menyimpan 26 ribu koleksi karya musik. Ini adalah satu-satunya museum musik di tanah air.

Mengutip dari museummusikindonesia.id, Pada tahun 2009 berdiri Galeri Malang Bernyanyi (GMB) yang diinisiasi oleh Komunitas Pecinta Kajoetangan sebagai komunitas para pecinta musik di Kota Malang.

GMB bertransformasi menjadi Museum Musik Indonesia (MMI) dan diresmikan oleh Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bersama Pemerintah Kota Malang pada tahun 2016. Pendiri Yayasan Museum Musik Indonesia adalah Pongki Pamungkas dan Hengki Herwanto.

Koleksi yang ada di Museum Musik Indonesia sebagian besar adalah berupa media rekaman fisik yang berupa: kaset, piringan hitam (vynil) dan cd/vcd/dvd. Keunikan museum ini adalah sebagian besar koleksinya bersumber dari sumbangan masyarakat, tidak saja dari Indonesia tetapi juga dari luar negeri.

Saat memasuki ruangan, pengunjung akan langsung dihadapkan dengan etalase koleksi piringan hitam di samping pintu. Masuk lebih ke dalam lagi, terlihat lebih banyak lagi koleksi yang terpajang rapi di sejumlah rak dan lemari kaca. Mulai dari kaset pita, piringan hitam, majalah musik, hingga poster penyanyi-penyanyi Indonesia.

Tidak hanya itu, di beberapa sudut juga terdapat etalase khusus yang menyimpan alat musik maupun benda-benda asli milik artis kenamaan Indonesia. Contohnya, yang berada di dekat rak kaset. Di sana terdapat baju serta koleksi kaset milik penyanyi Guruh Soekarno Putra. Bahkan, museum ini juga menyimpan baju panggung milik penyanyi Dara Puspita. Usia baju tersebut sekitar setengah abad.

Pada tahun 2020 MMI telah memperoleh sertifikat sebagai Museum Tipe B dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pengakuan atas usahanya dalam mengkonservasi musik Indonesia dan internasional dalam bentuk koleksi media rekaman. Penghargaan sejenis juga diberikan oleh Perpustakaan Nasional RI.

Dengan itu, MMI turut meramaikan daftar museum yang dapat dikunjungi di wilayah Malang Raya Bersama belasan museum lain. Bahkan bisa dikatakan bahwa MMI merupakan museum musik pertama yang resmi berdiri di Indonesia dan namanya telah memperoleh pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM.

Namun bagaimana pun – dikarenakan manajemen sumber daya manusia dan dana yang masih terbatas – maka MMI masih harus bergantung pada sistem donasi dan tenaga sukarela untuk tetap beroperasi.

Sleman dan Blitar Berkolaborasi Tekan Inflasi

Previous article

Bulan Ramadhan Hotel INNSiDE by Melia Yogyakarta Siapkan Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info