Kota JogjaNews

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Guguran

0
awan petruk merapi
Gunung Merapi (ist)

STARJOGJA.COM,MAGELANG– Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Guguran. Kabupaten Magelang dan Boyolali terdampak hujan abu Merapi. Peristiwa ini terjadi hari ini, Sabtu (11/3) pukul 12.12 WIB dan mengarah ke arah Kali Bebeng/Krasak.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan erupsi masih berlangsung hingga pukul 12.31.

“Jarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak. Saat ini erupsi masih berlangsung,” sebut BPPTKG dalam pesan tertulis

Sebagian wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terdampak hujan abu dari awan panas guguran (APG) Gunung Merapi, pada Sabtu siang.

Petugas Pemantau Gunung Merapi Pos Babadan Yulianto di Magelang, Sabtu, mengatakan awan panas guguran terjadi pada pukul 12.12 WIB.

Ia menyampaikan beberapa daerah terdampak hujan abu, yakni Kecamatan Dukun, Sawangan, dan sebagian Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.

Yulianto menyebutkan sejumlah desa yang telah melaporkan terjadi hujan abu, antara lain Paten, Keningar, Mangunsuko, Dukun, dan Sengi untuk wilayah Kabupaten Magelang.

Kemudian untuk wilayah Boyolali, yakni Tlogolele, Klakah, Jrakah, Wonolelo, dan Krogowanan.

“Ketebalan abu tidak begitu tebal karena tersapu angin,” katanya.

Ia menjelaskan peristiwa ini akibat kubah lava sebagian longsor.

Hasil monitoring lapangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten, belum ada laporan mengenai dampak signifikan maupun adanya korban jiwa. Situasi dan kondisi masih aman terkendalir.

Ini Sejarah Geplak Oleh – Oleh Manis Khas Bantul

Previous article

Minggu Pagi, Merapi Kembali Mengeluarkan Awan Panas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja