CulinaryLifestyle

Tips Menyimpan Makanan Awet saat Ditinggal Mudik

0
makanan instan kemasan
STARJOGJA.COM, Info –  Saat mudik lebaran mungkin kita meninggalkan makanan di rumah dan khawatir jika itu akan basi atau membusuk. Ada beberapa cara atau tips menyimpan bahan makanan agar awet saat ditinggal mudik seperti disiarkan dalam keterangan tertulis Titipku, Senin:

1. Buatlah persediaan makanan yang cukup

Sebelum berangkat, pastikan persediaan makanan cukup untuk beberapa hari pertama setelah pemudik kembali dari kampung halaman. Hal ini perlu dipertimbangkan karena biasanya pasar akan tutup saat dan setelah Idul Fitri.

Simpan saja bahan secukupnya yakni untuk sehari hingga dua hari agar makanan yang disimpan tidak berlebihan.

2. Gunakan wadah penyimpanan yang kedap udara

Ketika menyimpan bahan makanan, pastikan menggunakan wadah yang kedap udara untuk menjaga agar makanan tetap segar lebih lama. Misalnya, gunakan kantong plastik yang dapat diikat erat atau kotak penyimpanan dengan tutup yang kedap udara. Penutupan wadah yang rapat juga menghindari bahan makanan dihinggapi lalat atau kutu.

3. Simpan di tempat yang sejuk dan kering

Simpan bahan makanan di tempat yang sejuk dan kering seperti kulkas atau lemari es. Pastikan suhu dalam kulkas diatur pada suhu yang tepat dan cukup dingin. Untuk bahan makanan yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas, pastikan disimpan di tempat yang teduh dan jauh dari sinar matahari langsung.

4. Pisahkan bahan yang mudah rusak

Bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan cenderung cepat rusak jika disimpan bersama dengan bahan makanan lain. Pastikan untuk menyimpan bahan makanan yang mudah rusak seperti itu secara terpisah dalam wadah yang kedap udara juga.

5. Kurangi penggunaan bahan makanan segar

Sebelum berangkat, cobalah untuk mengonsumsi atau memasak bahan makanan segar yang sudah dibeli agar tidak terbuang sia-sia. Bahan makanan segar lebih cepat busuk daripada bahan makanan beku atau makanan kaleng.

Sementara itu, bahan makanan yang telah dimasak seperti makanan kaleng atau makanan beku dapat lebih tahan lama dan lebih mudah disimpan, oleh karenanya sangat dianjurkan untuk pemudik membeli makanan beku atau makanan kaleng sebelum berangkat mudik untuk persiapan bahan makanan usai mudik.

 
Sumber : Antara 
 
 
Bayu

Jadwal Pemadaman Listrik Jogja, Selasa 11 April  2023

Previous article

BMKG : Hujan Ringan Akan Turun Di Sejumlah Kota Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary