News

Cek Menjadi Pemilih Pemilu Melalui Web dan Aplikasi Ini

0
pemilih pemilu
STARJOGJA.COM, Info – Masyarakat Kulon Progo diharapkan dapat mengikuti tahapan Pemilu 2024 dengan memastikan terdaftar menjadi pemilih. Hidayatut Thoyyibah Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipas Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Kulon Progo mengatakan masyarakat dapat memastikan menjadi pemilih melalui web atau aplikasi.

“Ketika warga melihat apakah namanya sudah disitu bisa dilihat. Bisa menyampaikan di desa kalurahan atau bisa melalui web atau mobile aplikasi. Cekdptonline.kpu.go.id atau aplikasi mobile di lindungihakmumobile bisa cek disitu keliru nama atau tempat tinggal dengan bukti KTP ada disitu,” katanya di 101.3 Star FM Selasa 11 April 2023.

Ia mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan tahapan verifikasi pencalonan DPD.

“Sebentar lagi akan pencalonan anggota legislatif. Ya sedang berjalan,” katanya.

Ia menjelaskan nantinya masyarakat sudah memiliki pengalaman Pemilu 2019 maka tidak perlu khawatir. Sebab, Pemilu 2024 ini akan memiliki lima surat suara yang di Pemilu sebelumnya.

“Pemilu 2024 ada lima surat suara yang akan kita coblos presiden, dpr, dprd provinsi dan DPRD kabupaten dan DPD ada lima sama seperti 2019,” katanya.

Ria Harlinawati Ketua Bawaslu Kabupaten Kulon Progo mengatakan pihaknya memiliki tugas  untuk mengawasi KPU dengan 11 tahapan Pemilu. Bawaslu Kulonprogo melakukan tugasnya dengan mengawasi seluruh tahapannya.

“Kami mengawasi pencegahan dan penindakan,” katanya.

Ria mengatakan ada Pemilu 2024 ini fokusnya ada di pencegahan. Saat ini pihaknya tengah memetakan pencegahan yang harus dilakukan.

“Di Temon dan di Galur ini harus petakan, tiap daerah beda dan harus kita sosialisasikan ternyata ini  ga boleh dll. Coklit kemarin kita awasi, nah setelah kita awasi maka kalau ada yang salah ya kita kasih peringatan penindakan,” katanya.

Ria mengatakan Bawaslu Kulonprogo melakukan pencegahan di setiap tahapan Pemilu. Namun ia ingin tidak hanya Bawaslu tapi masyarakat juga ikut mengawasi.

” Kita inginnya masyarakat juga ikut mengawal setiap tahapannya,” katanya.

Banyaknya tahapan Pemilu ini maka keterlibatan masyarakat sangat penting. Sehingga ia sedang menggalakan dan mensosialisasikan pengawasan setiap tahapannya salah satunya dengan menggandeng karang taruna, pemda hingga FKUB.

“Kalau yang ngomong tokoh agama tokoh pemuda mungkin lebih didengar. Kita ingin mereka ikut sosialisasi. Tidak hanya itu bisa dengan video pendek lewat media sosial dll ini kami lakukan,” katanya.

Bayu

Ini Tips Mudik Lebaran Aman dan Lancar Naik Pesawat

Previous article

Ashanty Jadi duta kehormatan persahabatan RI-Korsel

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News