LifestyleMusic

Ariana Grande dan Jeon Jung-kook BTS Nyanyikan Percayalah Versi AI, Ini Respon Raisa

0
Percayalah AI
Percayalah raisa dan afgan (ist)
STARJOGJA.COM, Info  –   Ariana Grande dan Jeon Jung-kook BTS menyanyikan lagu Percayalah milik Penyanyi Raisa Andriana. Lagu Percayalah dinyanyikan kedua penyanyi itu dari hasil kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).

“Kenapa nggak bikin versi aku featuring Jung-kook, sih?” katanya tertawa saat ditemui di sela latihan konser “Yovie Widianto: Billion Songs Confest” di Jakarta, Senin (1/5).

Kepada ANTARA, solois yang akrab disapa Yaya itu menganggap bahwa lagu itu nyanyikan bersama Afgan yang diracik versi AI tersebut adalah bentuk kreativitas semata dan salah satu cara masyarakat era sekarang menyikapi perkembangan teknologi

“Pertama dengar sih ya memang lucu-lucuan aja, ya. Menurut pemikiran aku, sebentar lagi aku merasa akan ada satu penyanyi di dunia ini, booming banget, ada penampilannya segala macam, namun sebenarnya itu bukan dia tetapi hanya AI,” katanya.

Yaya beranggapan fenomena tersebut amat mungkin terjadi mengingat kecanggihan kecerdasan buatan yang semakin berkembang.

Kayaknya dunia sedang mengarah ke sana. Tunggu aja, bisa ada sesuatu dari wajah, lagu, suara, dan segala macam, lalu tiba-tiba kita sadar bahwa ternyata itu adalah AI. Orang-orang lagi excited dengan hal-hal seperti itu, mencari-cari celah,” terangnya.

Terkait hak cipta yang kerap dibenturkan dengan perkembangan AI hingga saat ini, Yaya berpendapat bahwa selama apa yang dihasilkan dari kecanggihan teknologi itu tidak merugikan seseorang atau pihak tertentu dari sisi manapun, maka hal tersebut tidak merupakan sebuah masalah.

“Selama belum merugikan secara apapun, aku merasa itu hak saja bagi setiap orang untuk bermain. Tetapi kalau sudah merugikan, tentu itu harus dipikirkan lebih jauh,” tutup Yaya.

  

Sumber : Antara 
 
 
Bayu

Freelancer Terancam Burn Out, Yuk Kenali Batasan Tubuh

Previous article

Tentang Diriku Lagu yang Menantang Yura Yunita

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle