Lifestyle

Pilih Impor Atau Lokal? Ini Dia Cara Tepat Konsumsi Buah

0
Manfaat Buah Pir

STARJOGJA.COM, Makan buah sangat penting bagi kesehatan sebab buah mengandung berbagai vitamin, mineral, serta enzim yang baik untuk tubuh.

Agar manfaat buah dapat dirasakan secara maksimal, ada aturan tertentu saat mengonsumsinya. Salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan lokal dibanding impor.

“Buah-buahan impor dipetik jauh sebelum matang sehingga mengurangi nilai gizinya. Kemudian ketika tiba di pasar, buah-buahan itu disemprot dengan bahan kimia agar cepat matang. Jadi, cara terbaik untuk menghindarinya adalah konsumsilah buah-buahan lokal,” kata pembimbing nutrisi bersertifikat Tanisha Bawa, sebagaimana disiarkan Hindustan Times.

Di samping itu, berikut ini adalah cara lain untuk mengonsumsi buah agar manfaatnya bisa dirasakan maksimal menurut Tanisha Bawa.

Makan buah utuh

Alih-alih membuat jus, lebih baik Anda mengonsumsi buah utuh. Sebab, membuat jus buah akan mengurangi serat, vitamin, mineral, dan enzim dalam buah.

Jus juga akan membuat lonjakan kadar gula darah. Selain itu, dapat meningkatkan kadar asam urat yang dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan di kemudian hari.

Jangan makan buah setelah makan

Jika buah dikonsumsi tepat setelah makan, maka buah akan membusuk lebih cepat, bersama dengan makanan yang sudah Anda makan sebelumnya. Akibatnya, buah yang dikonsumsi itu akan kehilangan sebagian besar manfaatnya.

Makan kacang sebelum makan buah

Sebagai sumber lemak, kacang-kacangan akan membantu menyeimbangkan kenaikan gula darah dari buah-buahan. Oleh sebab itu, mengonsumsi kacang terlebih dahulu sebelum makan buah merupakan hal bijak untuk dilakukan.

Sumber : Antara

Baca juga : Pustral Apresiasi Polda DIY tekan kecelakaan Lebaran

 

BMKG : Hujan Ringan Hingga Lebat Akan Turun Di Sejumlah Kota Besar Ini

Previous article

Sering Sakit Punggung? Waspada, Mungkin Karena Stres

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle