Kab BantulNews

Anggota Komisi IX DPR RI Ajak Warga Bantul Jadi Peserta JKN

0
Peserta JKN

STARJOGJA.COM, BANTUL – Anggota Komisi IX DPR RI, Sukamto mengajak warga Kabupaten Bantul untuk menjadi peserta JKN – BPJS Kesehatan. Pasalnya, hadirnya BPJS Kesehatan sejak tahun 2014 itu dinilai sebagai payung perlindungan bagi masyarakat dari risiko finansial ketika sakit dan biaya pengobatan yang merangkak naik.

“Orang kalau tidak menjadi peserta BPJS Kesehatan artinya dia rugi, karena sakit tidak bisadiduga-duga datangnya. Jangan merasa masih muda, masih gagah kemudian tidakmemperhatikan jaminan kesehatannya. Kesehatan itu penting, sekaya dan sepintar apa punjika tidak sehat tidak bisa menikmati. Komisi IX DPR RI bersama BPJS Kesehatan fokus untuk mengupayakan bagaimana rakyat bisa terjamin kesehatannya, baik yang mampu dan yang
tidak mampu,” kata Sukamto di hadapan ratusan warga Kabupaten Bantul dalam SosialisasiProgram JKN, Sabtu (06/05).

Dia menjelaskan, manfaat yang diberikan oleh BPJS Kesehatan sangat luas dan menyeluruh.BPJS Kesehatan sebagai pengelola program, membiayai pengobatan mulai dari yang bertaraf ringan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) hingga penyakit katastropik yang dikenal berbiaya mahal.

Program ini membuka akses kepada masyarakat untuk bisa meningkatkan taraf kesehatannya tanpa kesulitan biaya. Selain itu, layanan di fasilitas kesehatan juga harussetara dan tanpa diskriminasi.

“Bayangkan saja satu orang yang cuci darah membutuhkan biaya satu juta untuk sekali tindakan. Kalau satu minggu dua kali cuci darah maka biayanya dua juta. Kalau satu bulan, biayanya bisa mencapai 10 hingga 11 juta. Sekaya apa pun seseorang jika harus cuci darah pasti was-was jika tidak menjadi peserta BPJS Kesehatan. Orang yang sakitnya menahun juga dijamin. Saya menegaskan bahwa layanan untuk pasien BPJS Kesehatan harus baik dan
sama. Tidak ada pembatasan untuk hari perawatan,” tegas Sukamto.

Meski ada BPJS Kesehatan melalui Program JKN yang siap membiayai, Sukamto tetap mengajak warga yang hadir untuk menerapkan pola hidup sehat dan olahraga teratur agar terhindar dari penyakit. Kesehatan berawal dari makanan apa yang dikonsumsi sehari-hari.

“Makan itu harus ada buah, tidak perlu yang mewah. Buah yang kita temui sehari-hari pun banyak manfaatnya. Kemudian harus ada sayur, lalu pauk yang bergizi seperti tempe, tahu, ikan dan lainnya. Olahraga harus dibiasakan, paling tidak 30 menit setiap hari agar kita semua tetap sehat dan prima,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Prabowo mengatakan BPJS Kesehatan memiliki program skrining riwayat kesehatan yang bisa dimanfaatkan peserta guna mendeteksi dini potensi penyakit. Skrining ini bisa dilakukan melalui laman resmi, Aplikasi Mobile JKN maupun di FKTP. Apabila hasil skrining menunjukkan risiko tinggi terhadap diabetes, hipertensi, jantung dan gagal ginjal peserta bisa berkonsultasi di fasilitas kesehatan.

“Tidak hanya pembiayaan pengobatan yang kami lakukan, namun promotif dan preventif juga harus digencarkan agar masyarakat tidak jatuh dalam penyakit dan keparahannya. Layanan IVA dan papsmear juga bisa didapatkan oleh peserta sesuai dengan kriteria. Harapan kami, dengan tersedianya layanan secara komprehensif dari hulu ke hilir, pencegahan hingga pengobatan, kami bisa berperan semakin besar untuk kesehatan masyarakat,” kata Prabowo.

Untuk memastikan layanan yang diterima peserta benar-benar baik, terdapat menu di Aplikasi Mobile JKN yang memungkinkan peserta memberikan penilaian terhadap kualitas layanan fasilitas kesehatan. BPJS Kesehatan berinovasi menyediakan antrean online yang terhubung dengan Aplikasi Mobile JKN, sehingga peserta bisa datang ke fasilitas kesehatan jika nomor antrean sudah dekat.

Untuk melayani peserta di wilayah Kabupaten Bantul, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 81 FKTP dan 13 rumah sakit yang siap memberikan layanan JKN yang mudah, cepat dan setara.

BMKG: Mayoritas Kota Besar Indonesia Turun Hujan

Previous article

Tekanan Darah Tinggi? Ini Cara Aman dan Cepat Menurunkannya Tanpa Obat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul