HealthLifestyle

Body Dysmorphic Disorder, Gangguan Mental yang Dialami Megan Fox 

0
tubuh kekurangan magnesium

STARJOGJA.COM, Info  –   Artis Megan Fox tengah berjuang dengan Body Dysmorphic Disorder (BDD) mengatakan bahwa tidak pernah mencintai tubuhnya. Lantas apa sebenarnya BDD ini? Psikolog UGM, Aisha Sekar Lazuardini Rachmanie menjelaskan BDD sering disebut juga sebagai gangguan dismorfik tubuh.

Menurut  Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) yang menjadi panduan diagnostik utama para profesional kesehatan mental, BDD merupakan salah satu masalah yang ditandai oleh kekhawatiran yang berlebihan terhadap kekurangan atau ketidaksempurnaan dalam penampilan fisik individu.  Seseorang yang mengalami masalah ini memiliki persepsi yang terdistorsi terhadap penampilan mereka sendiri,  meskipun mungkin tidak ada ketidaksempurnaan yang signifikan atau terlihat oleh orang lain.

“Individu  dengan BDD biasanya sangat terobsesi dengan sedikit detail penampilan mereka, seperti bentuk wajah, ukuran hidung, bentuk tubuh, atau bagian tubuh lainnya. Mereka mungkin sering memeriksa penampilan mereka di cermin atau mencoba menyembunyikan “kekurangan” mereka dengan cara tertentu, seperti mengenakan banyak makeup atau pakaian tertutup,”paparnya.

Dosen Fakultas Psikologi UGM ini mengatakan bahwa BDD berbeda dari kekhawatiran umum tentang penampilan tubuh. Individu dengan BDD cenderung memiliki pikiran yang persisten dan mengganggu terhadap diri mereka. Kondisi tersebut menyebabkan penderitaan yang signifikan dan dapat mempengaruhi perilaku dan fungsi individu.

Aisha menuturkan BDD termasuk kedalam salah satu kesehatan mental yang rentan dialami oleh individu dengan riwayat keluarga yang menderita BDD atau gangguan kecemasan lain. Hasil penelitian twin-study Enander, dkk (2017) menunjukkan bahwa secara moderate terdapat kemungkinan BDD diwariskan secara genetik.

“BDD juga cenderung terjadi di usia remaja dan dewasa, terutama pada perempuan,”ucapnya.

Selain riwayat keluarga, ada beberapa faktor yang dapat memicu kerentanan tersebut yaitu pengalaman traumatis seperti pelecehan fisik atau verbal terkait penampilan. Lalu, faktor lingkungan dengan adanya tekanan budaya. Misalnya, norma penampilan yang tidak realistis atau fokus berlebihan pada penampilan fisik.

“Faktor-faktor tersebut dapat berkontribusi terhadap perkembangan BDD,” terangnya.

 

Tanda

Aisha menyampaikan terdapat beberapa tanda yang mengarah pada BDD, salah satunya preokupasi yang berlebihan terhadap penampilan fisik. Ada kecenderungan merasa khawatir secara terus-menerus dan berlebihan terhadap kekurangan atau ketidaksempurnaan yang mereka anggap ada pada penampilan fisik. Selain itu, terlalu fokus pada bagian-bagian tubuh tertentu, seperti wajah, kulit, rambut, hidung, ukuran tubuh, atau bagian tubuh lainnya.

Gejala lainnya adalah persepsi yang terdistorsi terhadap penampilan. Sering memiliki persepsi yang tidak akurat      atau terdistorsi tentang penampilan. Kecenderungan melihat diri jauh lebih buruk daripada apa yang sebenarnya terlihat oleh orang lain. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan dan ketidakpuasan yang berlebihan.

Lalu, sering bercermin atau menghindari cermin.  Terlalu sering memeriksa penampilan di cermin untuk mencari kekurangan atau perubahan kecil. Sebaliknya ada individu yang menghindari cermin  sepenuhnya karena ketakutan melihat apa yang mereka anggap sebagai ketidaksempurnaan.

Berikutnya, perilaku mengubah penampilan.  Kecenderungan untuk menyembunyikan atau memperbaiki kekurangan yang dianggap ada dengan berbagai cara.

“Terlalu terobsesi untuk menggunakan  makeup berlebihan demi menutupi seseuatu yang dirasa kurang walaupun mungkin tidak ada. Mengenakan pakaian yang menutupi bagian tubuh tertentu, atau mencoba prosedur kosmetik yang berulang kali,”imbuhnya.

Dampak

BDD dikatakan Aisha berdampak signifikan pada individu yang mengalaminya. Gangguan ini bisa menyebabkan gangguan kesejahteraan emosional.

Penderita BDD rentan mengalami gejala depresi, kecemasan, atau stres yang tinggi. Disamping itu, terdapat kecenderungan munculnya perasaan malu, putus asa, atau tidak berharga karena ketidakpuasan terhadap penampilan diri. Kesejahteraan emosional terganggu dan dapat berdampak negatif pada suasana hati serta kehidupan sehari-hari.

BDD juga bisa menjadikan penurunan kualitas hidup penderitanya. Sebab, BDD dapat menghambat kualitas hidup secara menyeluruh. Penderita dapat mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan sosial, mengikuti aktivitas sosial, atau melakukan aktivitas sehari-hari karena kecemasan yang berkaitan dengan penampilan.

“Mereka mungkin menghindari situasi sosial, merasa terisolasi, atau mengalami kesulitan dalam merasa nyaman dengan diri mereka sendiri,” terangnya.

Aisha menambahkan penderita BDD juga memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan  makan. Ketidakpuasan yang berlebihan terhadap penampilan dan kekhawatiran tentang      tubuh mereka dapat memicu pola makan yang tidak sehat atau perilaku makan yang terganggu.

Jangan Self Diagnose

Lalu bagaimana jika merasa terkena BDD? Aisha mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan self diagnose. Jika mengalami gejala-gejala yang mengarah kepada BDD, ia menyarankan untuk tidak segan mencari bantuan profesional.

Dengan perawatan yang tepat, termasuk terapi dan jika diperlukan pengobatan, dampak negatif BDD dapat dikurangi dan kualitas hidup dapat ditingkatkan.

Aisha menyampaikan terdapat beberapa acara yang bisa dilakukan untuk menekan atau mencegah munculnya BDD.

 Pertama, pendidikan dan pemahaman.  Belajar tentang BDD dan memahami gejala serta faktor risiko yang  terkait dapat membantu untuk mengenali tanda-tanda awal dan mencari bantuan jika diperlukan.

Kedua, mempertahankan pola pikir yang sehat.  Berlatih  melakukan penghargaan diri, menerima diri sendiri, dan menghargai keunikan dan keindahan yang ada pada setiap individu.

Ketiga, Membangun kepercayaan diri.  Bangun kepercayaan diri dan fokus pada kemampuan, bakat, serta kualitas positif lainnya yang dimiliki, bukan hanya penampilan fisik.

Keempat, memelihara gaya hidup sehat. Beberapa diantaranya dengan melakukan kegiatan fisik secara teratur, makan makanan yang seimbang, tidur cukup, dan menjaga keseimbangan antara kerja dan istirahat.

Kelima, mencari dukungan sosial. Upayakan menjalin hubungan yang sehat dengan orang-orang yang mendukung dan memahami diri. Mencari dukungan dari keluarga, teman, atau kelompok dukungan dapat membantu mengatasi stres dan menjaga kesehatan mental.

Keenam, menghindari pembanding sosial yang berlebihan. Hindari terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain, terutama melalui media sosial.

“Ingatlah bahwa gambar yang diperlihatkan  di media sosial seringkali tidak merefleksikan realitas yang sebenarnya,”tegasnya.

Aisha menambahkan ada beberapa hal yang perlu dihindari agar tidak memicu munculnya BDD. Pertama, kekhawatiran berlebihan terkait penampilan fisik. Alihkan perhatian dari kekhawatiran yang berlebihan terhadap penampilan ke aktivitas yang positif dan membangun.

Kedua, memeriksa cermin secara berlebihan. Batasi waktu yang dihabiskan di depan cermin dan hindari pemeriksaan yang berlebihan terhadap penampilan fisik.

Ketiga, membatasi paparan terhadap gambar dan konten yang memicu ketidakpuasan terhadap penampilan. Kurangi paparan terhadap media yang menekankan kecantikan fisik yang tidak realistis.

“Jangan ragu untuk mencari bantuan. Jika mengalami gejala yang mengganggu atau memiliki kekhawatiran tentang penampilan yang berlebihan, segera cari bantuan profesional dari psikolog atau psikiater yang terlatih dalam bidang tersebut,”tegasnya.

Sumber : Humas UGM

Baca juga : Waspada! Anak Muda Juga Bisa Alami Gangguan Jantung

Bayu

Musim Kemarau, BPBD Bantul Belum Terima Aduan Kekeringan

Previous article

 Sleman Apresiasi Prestasi Atlet SEA Games dari Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health