Tino-Sidin-2-300x273

Museum Taman Tino Sidin Bertekad Membentuk Kepribadian Anak-anak Melalui Mengambar

STARJOGJA, JOGJA – Masih ingat dengan ungkapan khasnya “Ya…Bagus”, “Jangan takut-takut”?

Ya, dialah Tino Sidin, seorang pelukis dan guru gambar yang terkenal dengan acara Gemar Menggambar yang ditayangkan TVRI di era 80-an, dengan penampilan khas topi baret dan kacamatanya. Bagi Anda pecinta wisata, jangan lewatkan untuk mampir ke Museum Taman Tino Sidin yang berada di Jalan Tino Sidin no 297, Kadipiro, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Jogja. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan alternatif wisata keluarga.

Karya-karya Tino Sidin, baik berupa lukisan, sketsa, komik maupun buku panduan menggambar ditampilkan kembali pada Museum tersebut. Diharapkan museum ini menjadi wadah bagi seluruh karya, semangat, dan cita-cita Pak Tino yang nantinya akan terus dikenang dan diteruskan kepada generasi yang akan datang.

Taman yang berupa rumah dan galeri yang resmi dibuka untuk umum sejak 04 Oktober 2014 yang lalu ini diharapkan mampu menjadi fasilitator lahirnya Tino Sidin yang baru bagi para generasi muda. Di sini Anda dapat menemukan barang, dokumen dan arsip terutama gambar sketsa.

Museum Tino Sidin dimaksudkan sebagai pusat informasi dan edukasi serta pengembangan diri anak-anak melalui mengambar. Dalam jangka panjang, Museum ini diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk bekerja keras mencapai cita-cita seperti proses menggambar yang diperlukan ketekunan. Dari menggambarlah Tino Sidin yakin bahwa kepribadian anak akan terbentuk.SUMBER : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Silahkan bergabung untuk diskusi