Candi Gebang Bukti Peninggalan Dinasti Sanjaya

STARJOGJA, JOGJA – Terletak di antara banyak rumah, candi ini punya banyak cerita.Candi Gebang adalah candi Hindu yang berada di dusun Gebang, Kelurahan Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY. Candi ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-8 M pada saat wangsa Sanjaya berkuasa pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Gebang benar-benar tidak sengaja ditemukan oleh seorang warga yang sedang mencangkul di lahan tersebut. Pada saat itu masih berupa sawah, pada bulan November tahun 1936, tidak sengaja ditemukan gumpalan batu yang sangat keras dan setelah jelas-jelas di gali ternyata terlihat bahwa ada ukiran patung Ganesha.

Saat itu kabar tersebar dari mulut ke mulut dan sangat heboh dikalangan warga dusun Gebang. Para warga serentak kalang kabut berdatangan untuk melihat dan memastikan bahwa itu adalah temuan candi.

candi-gebang

Candi Gebang : sumber http://yogyakarta.panduanwisata.id

Penggalian kemudian dilanjutkan oleh Departemen Arkeologi. Pemugaran candi tersebut membutuhkan waktu + 2 tahun untuk dalam penyelesaiannya. Dari penggalian, diperkirakan bahwa candi ini dibangun pada tahun 730-800 Masehi oleh Dinasti Sanjaya.

Candi ini mempunyai ukuran kira-kira 5,25 × 5,25 meter dengan tinggi 8 meter. Candi Gebang menghadap ke timur, mempunyai puncak berbentuk lingga. Pada relung sebelah barat arca Ganesa, sementara di sisi pintu terdapat dua relung yang salah satunya berisi arca Nandiswara. Sebuah yoni berada di ruang candi.(DEN)

Silahkan bergabung untuk diskusi