Kab SlemanNews

Sleman Pertahankan Predikat Gudang Berasnya DIY

0
padi resisten hama
padi resisten hama

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Bupati Sleman, Sri Purnomo melakukan panen raya padi dengan varietas Ciherang yang dikembangkan oleh anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Agro Jogotirto Mandiri di Dusun Jogotirto, Kecamatan Berbah, Rabu (21/2/28).

”Panen ini diharapkan mampu memotivasi para petani dalam memproduksi padi secara maksimal, sehingga Sleman mampu mempertahankan predikatnya sebagai gudang berasnya propinsi DIY,” kata Sri Purnomo.

Sri Purnomo juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman terus berupaya meningkatkan inovasi dalam menjawab tantangan yang ada termasuk dalam pertanian salah satunya yaitu dengan menggalakkan pola tanam jajar legowo dan mewajibkan pola tanam jajar legowo bagi kelompok tani yang menerima bantuan.

“Keunggulan dari pola tanam ini adalah peningkatan hasil produksi, karena pola tanam ini berimplikasi pada kemudahan dalam pemberian pupuk dan pengendalian organisme penggangu serta kemampuan dalam menjaga kesuburan tanah karena adanya jarak tanam,” ujar Sri Purnomo.

Sri Purnomo memaparkan bahwa saat ini tanaman pangan utama Kabupaten Sleman, yakni padi dan jagung masih mengalami surplus. Untuk padi, surplus sebanyak 101.277 ton dengan produksi padi sebesar 290.672 ton.

Selain itu, Pemkab Sleman juga mewajibkan penambahan pupuk organik sebagai upaya dalam menjaga kualitas hasil produksi yang aman bagi kesehatan, adanya pola tanam dan pemupukan berimbang serta menggalakkan pertanian pangan yang ramah lingkungan.(DEN)

” Imlek Light Festival ” Semarakkan PBTY 2018

Previous article

Gaok , Sirene Penanda Ancaman di Jaman Penjajahan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman