Tombak Kyai Pleret Sarat Cerita

0

Salah satu pusaka Keraton Yogyakarta peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang terkenal adalah Tombak Kanjeng Kiai Pleret.Senjata ini merupakan milik Raja Mataram Pertama yang bergelar Panembahan Senopati atau Danang Sutawijaya.

Tombak sepanjang 3.5 meter ini dipakai oleh Danang Sutawijaya dalam perang tanding melawan Bupati Jipang Panolan Arya Penangsang.Dengan senjata inilah Danang Sutawijaya dapat melukai Arya Penangsang yang konon sakti mandraguna dan memiliki ilmu kebal. Sehingga akhirnya Arya Penangsang tewas.

jhlt-468-223Tombak-Kanjeng-Kyai-Plered-sedang-dijamas-oleh-Sultan-HB-X
Jamasan Tombak Kyai Pleret.Sumber : http://www.kerajaannusantara.com

Konon mata tombak ini diyakini berasal dari alat kelamin yang dicabut dari seorang wali sakti linuwih Syeh Maulana Maghribi, saat dituntut untuk menikahi Rasa Wulan, adik kandung Sunan Kalijaga.

Syeh Maulana Maghribi yang sedang melakoni tapa kalong di pohon berada di sebuah danau kecil bernama Sendang Beji, tidak kuasa menahan syahwat ketika melihat Rasa Wulan yang tidak mengetahui keberadaan sang syeh dengan bebas mandi tanpa busana di sendang tersebut.Akibat syahwatnya, air mani sang syeh jatuh ke air Sendang Beji dan menghamili Rasa Wulan.

Saat ini Tombak Kanjeng Kiai Pleret masih tersimpan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat (Yogyakarta). Pusaka ini dijamasi setiap setahun sekali saat bulan Syura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here