Kab BantulNews

Bantul akan optimalkan Bank sampah

0

StarJogja.com, Jogjakarta – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul,  mengupayakan semua desa di daerah ini membentuk bank sampah untuk mengoptimalkan pengelolaan sampah dari sumbernya.

Kepal Bidang Pengelolaan Persampahan, Bahan Berbahaya, Beracun, dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Bantul Antonio Hutagaol mengatakan jika rencananya pada 2018 bupati dan wakil bupati akan gelontorkan banyak dana untuk persampahan dengan harapan di 75 desa nanti ada bank sampah.

Menurut dia, bank sampah perlu dibentuk di setiap desa untuk mengelola sampah dari sumbernya atau masyarakat itu sendiri, mengingat masalah sampah selama ini memang menjadi perhatian pemerintah termasuk Pemda Bantul.

Ia mengatakan dengan terbentuknya bank sampah yang sistem pengelolaannya dengan memilah sampah dan dimanfaatkan untuk kerajinan itu bisa mengurangi volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Piyungan.

Antoni menyebut, saat ini di Bantul sudah terdapat 124 bank sampah, namun diakui belum merata di semua 75 desa, sehingga desa yang belum ada bank sampah bisa mulai merintis dan yang sudah ada bisa ditingkatkan kelembagaanya.

Berdasarkan data yang dihimpun dinas, volume sampah yang terangkut ke TPA Piyungan saat ini sekitar 60 ton per hari, sehingga dengan adanya bank sampah di semua desa itu nantinya bisa mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA Piyungan. (Sumber:Antara)

Berikut trik menarik orang dengan tulisan kita

Previous article

Polisi selidiki aksi Klitih yang memakan korban jiwa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul