Kab SlemanNews

Festival Ogoh-ogoh Dinpar Sleman Diikuti Peserta dari Bali

0

Star Jogja ,sleman . Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman akan menggelar  Festival Ogoh-ogoh Sabtu (25/3/2017) mendatang. Dari 20 ogoh-ogoh yang mengikuti festival tersebut sebanyak 14 ogoh-ogoh berasal dari komunitas budaya Sleman dan enam lainya dari Bali.

Kepala Dispar Sleman Sudarningsih mengatakan, tema Festival Ogoh-ogoh tahun ini mengangkat cerita rakyat. Tema tersebut sengaja diangkat agar cerita-cerita rakyat Sleman bisa tampil ke permukaan.

Adapun jalur festival ogoh-ogoh yang digelar akhir pekan nanti dimulai dari Monumen Jogja Kembali (Monjali) ke Jembatan Sardjito Baru. Nantinya, di jembatan tersebut peserta pawai akan bertemu dengan kelompok seni kirab ogoh-ogoh dari Kota Jogja. Kemudian meneruskan perjalanan ke Malioboro, Titik Nol, dan berakhir di Alun-alun Utara.

Koordinator Kirab Budaya Ogoh-ogoh, Nyoman Santiawan menyampaikan, jika digabungkan dengan kelompok budaya dari Kota Jogja, jumlah peserta ogoh-ogoh nantinya menjadi 43 unit ogoh-ogoh.

Untuk mengantisipasi kemacetan, panitia telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan desa-desa yang dilalui jalur ogoh-ogoh. Panitia akan melakukan rekayasa lalu lintas, termasuk menutup jalan yang dilalui ogoh-ogoh. Penutupan jalur untuk kendaraan mulai pukul 12.00 sampai 15.00 WIB.

Nyoman menambahkan, selain sebagai ajang pelestarian budaya, festival ogoh-ogoh juga digelar untuk memberikan hiburan alternatif bagi masyarakat. Di sisi lain pawai ini juga diselenggarakan untuk menyambut Hari Raya Nyepi.Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja |

 

Baru 9.963 Wajib Pajak di DIY Laporkan Harta

Previous article

Pameran “Terawang Borobudur Abad X” Teguhkan Unggulnya Budaya Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman