Kota JogjaNews

Pemerintah Diminta Aktif Sosialisasikan Pentingnya Menjaga Kesehatan Ginjal

0

Star Jogja – Yogyakarta. Komunitas peduli ginjal di Yogyakarta “Ginjal Kita” berharap Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyosialisasikan kesehatan ginjal kepada masyarakat untuk menekan jumlah penderita penyakit ginjal di daerah itu.

Pendiri Ginjal Kita, Donnie Satria menjelaskan, jumlah pasien penyakit ginjal di Yogyakarta cukup banyak. Sejak “Ginjal Kita” melakukan pendataan terakhir pada 2012, jumlah pasien ginjal di Yogyakarta telah mencapai 925 pasien gagal ginjal yang tersebar di 10 rumah sakit.

Donie mengatakan meski penanganan penyakit gagal ginjal melalui terapi hemodialisis (HD) atau cuci darah, Continous Ambulatory Peritoneal Dialysis (CAPD), dan transplantasi ginjal, seluruhnya telah ditanggung BPJS, pemerintah daerah serta pemangku kepentingan lainnya tetap perlu memberikan edukasi serta menyosialisasikan berbagai informasi mengenai ginjal sejak dini.

Edukasi sejak dini mengenai fungsi ginjal, penyebab gagal ginjal, serta cara merawat ginjal, menurut dia, seharusnya sudah diberikan kepada anak usia sekolah SD. Bentuk edukasi itu, misalnya menekankan pentingnya asupan air putih yang cukup, serta membatasi konsumsi makanan dan minuman yang bisa menjadi pemicu penyakit ginjal. (Den)

Wah! Masih Ada 7 Desa di Gunungkidul Alami Rawan Pangan

Previous article

Mengaku Persatuan Difable, Komplotan Ini Sebar Proposal Bantuan Fiktif

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja