CulinaryFlash Info

Atasi obesitas Amsterdam larang siswa bawa jus buah

0
jus buah
(bumburesep.org)_jus-buah-dan-khasiatnya

StarJogja.com, JOGJA – Amsterdam tercatat sebagai kota dengan tingkat obesitas tertinggi di Belanda. Seperlima dari anak-anak di Amsterdam memiliki kelebihan berat badan.

Untuk memerangi obesitas, sekolah-sekolah menerapkan aturan yang mewajibkan siswa membawa bekal makanan bergizi, tidak termasuk jus buah. Koordinator guru dari Sekolah Dasar De Achtsprong, Wilbert Sawat mengatakan, semua siswa harus membawa air putih atau susu ke sekolah.

“Tidak boleh bawa jus. Orang tua siswa awalnya protes, menganggap jus itu lebih sehat karena mengandung buah,” ujarnya, seperti dikutip The Guardian, Sabtu (15/4). Padahal, sambung Wilbert, jus buah yang mengandung gula tak baik bagi mereka.

Tak hanya itu, sekolah juga melarang perayaan ulang tahun dengan cupcakes. Pada 2007, De Achtsprong berada di posisi tiga teratas sekolah di Belanda dengan tingkat obesitas siswa tertinggi. Saat ini, sekolah tersebut berhasil memperbaiki posisinya sehingga ‘hanya’ masuk dalam daftar 100 besar.

Program memerangi obesitas juga didukung oleh pemerintah kota setempat. Kota Amsterdam menolak mensponsori acara yang didanai oleh Coca Cola dan McDonalds. Bahkan, McDonalds telah sepakat untuk tidak menjual makanan cepat saji mereka pada konsumen anak yang datang tanpa orang tua.

Sejumlah upaya tersebut pada akhirnya berhasil membawa perubahan. Selama periode 2012-2015, jumlah anak obesitas di Amsterdam turun sebanyak 12 persen. (AM)

Jalan menuju kawasan industri Piyungan akan diperleba

Previous article

AC Milan resmi dibeli konsorsium Cina

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary