Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok Diharapkan Bisa Menyejahterakan Pesantren

0
lele cendol

STARJOGJA, SLEMAN – Bupati Sleman Sri Purnomo, M.Si menghadiri panen perdana lele sistem bioflok di komplek Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Prambanan, Yogyakarta pada Jum’at (13/10).

Dalam acara tersebut turut hadir juga Sekretaris Jendral Kementrian Kelautan dan Perikanan RI Rifky Effendi Hardijanto, Dirjen  Perikanan Budidaya KKP RI Slamet Soebjakto, Asisten  Daerah 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi DIY Drs. Sigit Raharjo, MM dan  Anggota DPD RI perwakilan DIY Afnan Hadikusumo.

Dalam sambutannya, Bupati Sleman Sri Purnomo, M.Si  berharap pondok-pondok pesantren yang ada di Kabupaten Sleman diberi bantuan bibit ikan lele dan sekaligus diberi bantuan yang sifatnya tadi akan berputar,  bergulir dan akan dikembangkan yang akhirnya dapat mensejahterakan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Sleman.

Sementara itu Wakil Gubernur DIY dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten Daerah 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi DIY Drs. Sigit Sapto Raharjo, MM mengatakan  produksi perikanan budidaya masih diandalkan dan dikembangkan untuk meningkatkan produksi  dalam upaya menyediakan ikan konsumsi karen berkontribusi  sangat besar.

“Berkaitan dengan lahan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta maka dibutuhkan inovasi teknologi  budidaya ikan. Oleh karena itu, bantuan sarana produksi perikanan budidaya secara intensif seperti sistem bioflok akan sangat tepat dan akan membantu kepada kelompok pembudidaya ikan dalam menekan biaya,” kata  wakil Gubernur DIY.

Sementara itu dalam sambutannya, Sekretaris Jendral Kementrian Kelautan dan Perikanan Rifky Effendi Hardijanto mengatakan kelebihan inovasi teknologi lele bioflok dibanding sistem konvensional ini diantaranya produktivitas tinggi, ramah lingkungan, penggunaan lahan dan sumber daya air yang lebih dari 80% dan memiliki nilai tambah keuntungan ganda.(DEN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here