Kota JogjaNews

LINTAS KOTA : Wajib Kunjung Museum Dorong Kunjungan Pelajar

0

STARJOGJA, JOGJA – Dinas kebudayaan DIY memiliki program wajib kunjung musesum. Kebijakan ini untuk mendorong kunjungan pelajar ke museum. Dinas Kebudayaan DIY menyediakan 2 unit bus yang dapat dimanfaatkan secara gratis, masing-masing berkapasitas 25 tempat duduk sebagai sarana pendukung. Sekolah yang akan memanfaatkan bus tersebut, bisa mendaftarkan ke Dinas kebudayaan DIY.

Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Singgih Rahardjo, SH, MEd. mengatakan, target dari program ini adalah murid-murid sekolah, mulai dari SD hingga SMA, sehingga pelajar dapat semakin familiar terhadap keberadaan museum. Terlebih banyak ilmu yang bisa didapat dari museum. Ia menyebut Tingkat kunjungan ke museum di DIY memang mengalami kenaikan pada kurun 2015-2017, namun angka tersebut belumlah memuaskan. Dari data, jumlah kunjungan tersebut hanya sekitar 2 persen dari jumlah penduduk.

” kunjungan ke museum memang mengalami peningkatan.Namun ini belum memenuhi harapan karena hanya 2 persen penduduk yang mengunjungi musesum,” ujar Singgih,dalam Program Lintas Kota , Senin (30 /10/2017)

Menyoroti masih rendahnya tingkat kunjungan museum di DIY, Singgih menengarai hal tersebut dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya promosi museum yang rendah, penataan koleksi museum yang kurang baik, jumlah koleksi museum yang minim, serta unsur pendidikan yang kurang.

Singgih mengatakan, sudah saatnya keberadaan museum di DIY diangkat dan dipromosikan sebagai tujuan kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan pelajar, karena museum di DIY bisa dikembangkan menjadi obyek wisata pendidikan yang menarik untuk dikunjungi pelajar dan mahasiswa.

Tidak hanya datang saja, tetapi diharapkan pengunjung mendapatkan pengetahuan baru pasca kunjungan ke museum, sehingga salah satu misi museum “Mewujudkan peran museum sebagai media pendidikan non formal bagi pengembangan ilmu pengetahuan sejarah dengan nuansa edutainment” dapat tercapai.

Membutuhkan sinergi yang baik antara Pemerintah Provinsi DIY Dinas Kebudayaan DIY, media massa, sekolah dan orang tua untuk menggiatkan kunjungan sekaligus menjadikan museum sebagai alternatif utama tujuan wisata di DIY.(BY, DGW, YH)

BPPTKG : Status Gunung Merapi Masih Normal

Previous article

Pembayaran Paspor Kini Dilayani Kantor Pos

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja