Kab SlemanNews

Di Sleman, Ada Ratusan Kasus Kanker Serviks dan Kanker Payudara

0
Kanker payudara Pria
kanker payudara sebabkan 22 ribu kematian

STARJOGJA, SLEMAN-Kasus kanker serviks di Sleman berdasarkan data dari 25 Puskesmas terdapat 238 kasus, sementara kanker payudara 453 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman Nurulhayah mengatakan, adapun data seluruh Rumah Sakit plat merah di Sleman menyebut kasus kanker serviks sebanyak 1.022 kasus. Sementara, cakupan pemeriksaan di 25 Puskesmas di wilayah Sleman mencapai 1,3%. Dinkes Sleman menargetkan kenaikan hingga 80% pada 2021.

“Penyakit kanker serviks bisa menyerang perempuan yang memiliki banyak anak, perempuan yang menikah dini, dan berganti-ganti pasangan. Ini penyakit bukan keturunan, tapi disebabkan oleh virus. Jadi masih bisa disembuhkan kalau dideteksi secara dini,” kata dia.

Baca juga : Soal Kanker Serviks, Perempuan Jangan Malu untuk Periksa

Sekadar diketahui, berdasarkan data BPJS Kesehatan secara nasional, jumlah kasus kanker serviks di tingkat pelayanan rawat jalan tingkat lanjutan mencapai 12.820 kasus dengan total biaya sekitar Rp56,5 miliar.

Sementara, di tingkat rawat inap lanjutan tercatat 6.938 kasus dengan biaya sekitar Rp87,1 miliar. Adapun yang menjalani pemeriksaan IVA hingga Mei 2017 terdapat 101.097 orang dan pap smear 93.263 orang.Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja

Film Pertama Soleh Solihun Sebagai Sutradara Tayang 30 November 2017

Previous article

Siap-Siap, Besok Ada Pemadaman Listrik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman