JogjaKUWisata

Puncak Suroloyo Punya Tempat Berbau Mitologis

0

STARJOGJA,KULONPROGO – Kawasan Menoreh punya tempat terbaik untuk menikmati suasana alam.Puncak Suroloyo namanya.Di Suroloyo ini terdapat beberapa tempat yang berbau mitologis, yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan, antara lain :Puncak Sariloyo, Tegal Kepanasan, Sendang Kadewatan, Sendang Kawidodaren,pertapaan Kaendran dan Pertapaan Mintorogo.

Pada setiap tanggal 1 syuro di puncak suroloyo ini selalu diadakan upacara jamasan pusaka pemberian dari kraton Yogyakarta berupa Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyai Manggolo Dewo.

Dari rumah sesepuh Dusun Keceme, upacara dimulai dengan kirab Pusaka, diikuti arak-arakan yang membawa gunungan hasil bumi, diiringi musik tetabuhan tradisional dan dimeriahkan dengan rombongan beberapa group kesenian tradisional menuju Sendang Kawidodaren tempat upacara jamasan pusaka dilaksanakan.

Yang juga menarik dari kegiatan ritual ini adalah adanya udik-udik berupa hasil bumi yang diperebutkan oleh para warga masyarakat maupun para pengunjung.

Konon, mereka yang bisa mendapatkan udik-udik ini akan mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa berupa hasil pertanian yang melimpah.(DEN)

Ini 10 Makanan yang Berisiko Menimbulkan Keracunan

Previous article

5G Akan Bisa Dinikmati Tahun 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU