Kab SlemanNews

Pemkab Sleman Gelar Pekan Zakat Panutan

0

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Selama 2017, total zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang berhasil dikumpulkan Baznas Sleman sebesar Rp2,72 miliar. Padahal potensi ZIS pertahun Rp7 miliar.

Wakil Ketua I Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sleman Bidang Penghimpunan Muh. Asmuni Abdullah Thohir mengatakan rata-rata setiap bulan Baznas Sleman mengumpulkan Rp227,2 juta ZIS. Hingga Desember 2017 dana ZIS yang disalurkan sebesar Rp2,88 miliar. Dana tersebut termasuk saldo pada 2016 lalu. “Dana tersebut telah di-tasyarufkan (disalurkan) sesuai dengan program unggulan melalui peringatan Hari Besar Islam di Masjid Agung, Safari Jumat, Safari Tarawih dan di Kantor BAZNAS,” katanya pada acara Pekan Zakat Panutan yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (30/1/2018).

Pekan Zakat Panutan akan dilaksanakan selama lima hari, mulai Selasa (30/1/2018) hingga Senin (5/2/2018). Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya yang beragama Islam untuk membayar Zakat Profesi. Disamping itu, kegiatan tersebut juga merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden No.3/2014 tentang optimalisasi pengumpulan zakat di Kementerian/Lembaga, Sekretariat Jendral, Lembaga Negara, Sekretariat Komisi Negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha.

Bupati Sleman, Sri Purnomo, yang turut hadir pada acara tersebut berharap zakat yang terkumpul dapat ditingkatkan lagi jumlahnya. Menurutnya, Pemkab mempunyai potensi untuk mengumpulkan zakat lebih dari Rp7 miliar tiap tahunnya. Sri berharap dengan ditandatanganinya kesanggupan membayar Zakat Profesi pada acara tersebut, Baznas mampu meningkatkan jumlah pengumpulan zakat pada tahun ini.

Sri juga beharap zakat yang dikelola oleh Baznas mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dikatakan pula olehnya bahwa pentasyarufan zakat harus diatur dengan baik sehingga mempunyai dampak yang signifikan terhadap masyarakat kurang mampu.(DEN)

Beginilah Seharusnya Kita Menyimpan Cokelat

Previous article

Sungai Bawah Tanah Gunungkidul Tercemar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman