JogjaKUUniknya Jogja

Romo Ndung,Sosok Penting Pengembangan Ketoprak Yogyakarta

0

STARJOGJA.COM.JOGJA – Perkembangan Ketoprak di Yogyakarta tidak lepas dari sosok yang satu ini.Handung Kussudyarsana ! Selain sosok yang intens di seni Ketoprak,Ia dikenal pula sebagai seorang wartawan, Sastrawan, dan Seniman Indonesia.

Handung atau lebih populer disebut “Pak Ndung”. Sejak tahun 1971, ia mengelola Grup Ketoprak Sapta Mandala yang merupakan salah satu kegiatan kesenian yang dibina Kodam VII Diponegoro.

Handung telah menghasilkan ratusan karya yang meliputi tidak kurang dari 161 naskah sandiwara dan ketoprak, 35 diantaranya naskah panjang dan 40 naskah ringkas yang diterbitkan sebagai buku seperti Perintah Diponegoro, Nyi Ageng Serang, Setyawati Obong, Putri Arum Dalu, Penguasa Sejati, Joko Suruh dan sebagainya. Beberapa naskah ketoprak tulisannya digunakan sebagai bahan pelajaran telaah seni tradisional di Universitas Leiden Belanda.

Handung juga telah menghasilkan 70 cerpen berbahasa Jawa yang dimuat diberbagai majalah seperti Penyebar Semangat, Jayabaya, Kekasih, Cendrawasih, dan Mekarsari. Selain itu ia juga menulis 3 novel yakni Merah Delima, Anggraini dan Timbalan Suci (Panggilan Suci). Dari sekian banyak karya-karyanya, salah satu pernah difilmkan dengan judul asli Den Ayu Mantri di bawah arahan sutradara Azwar AN.

Tak kalah menariknya adalah saat menggarap Ketoprak Sayembara Stasiun TVRI Yogyakarta dengan laokn Kidung Perenging Dieng dimana minat masyarakat membludag.Adapun penghargaan yang pernah diterimanya, diantara dari pemerintah daerah kotamadya Yogyakarta atas jasa dan pengabdiannya terhadap kesenian 1974 dan 1987, Anugrah Seni dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta 1988, dan masih banyak lainnya yang diberikan baik oleh lembaga-lembaga baik pemerintah maupun swasta.(DEN- diolah dari berbagai sumber)

 

 

Ini yang Dilakukan Orang Sukses Saat Senggang

Previous article

Warga Gelar Doa Awal Tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU