Kab SlemanNews

UNY Akan Menjadi Tuan Rumah Pimnas ke-31

0
Uny

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diberi keperpercayaan oleh Kemenristekdikti untuk menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 tahun 2018.

Pimnas merupakan event resmi tahunan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional guna menciptakan iklim akademis di kalangan mahasiswa Indonesia.

Event ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional sekaligus sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa yang diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Baca juga: KKN UNY Manfaatkan Sekam Untuk Bertanam Hidroponik

Menurut Rektor UNY Sutrisna Wibawa, Pimnas kali ini mengambil tema ’Mewujudkan Mahasiswa Indonesia Yang Unggul, Kreatif, Inovatif Berlandaskan Ketakwaan, Kemandirian Dan Kecendekiaan Dalam Bingkai Kebhinekaan’ yang mengandung nilai luhur dan semangat yang harus dimiliki oleh mahasiswa Indonesia di era milenial.

“Keunggulan, kreatifitas dan keinovatifan mahasiswa Indonesia sangat diperlukan di era global untuk memenangkan persaingan di tingkat nasional, regional dan global” kata Sutrisna Wibawa.

Rektor mengingatkan juga bahwa keunggulan tersebut harus didasari dengan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan. Penanggungjawab Pimnas ke-31 yang juga Wakil Rektor III UNY, Sumaryanto mengatakan bahwa Pimnas memperlombakan 7 bidang PKM yaitu PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Pada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Pimnas ke-31 di UNY yang rencananya berlangsung Selasa (28/8) hingga Sabtu (1/9) akan diikuti oleh 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi dii seluruh Indonesia dan tergabung dalam 440 kelompok PKM.

Hadir juga para dosen pembimbing PKM, pimpinan perguruan tinggi, dewan juri dan panitia pusat serta pendukung kontingen. Pimnas akan menggunakan 22 ruangan di gedung Fakultas MIPA, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Pascasarjana, LPPM, LPPMP, dan Gedung Kuliah Umum. Dalam Pimnas, selain presentasi dari tim PKM juga akan dilombakan poster PKM di Tennis Indoor UNY.

Bayu

UGM Peduli Bencana Benahi Infrastruktur di Lombok

Previous article

Tengok, Wilayah Ini Akan Mengalami Pemadaman Listrik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman