Kab SlemanNews

BPCB Telusuri Usia Jati Tua Temuan Warga Kalasan

0
Warga Tirto Martani Kalasan Temukan Kayu Jati Kuno
Penemuan Jati kuno ( FOTO : Istimewa)

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (BPCB) melakukan penelitian detail terkait usia dua pohon jati tua temuan warga Dusun Plasan, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, beberapa waktu lalu . BPCB Telusuri Usia Jati Tua Temuan Warga.

“Kami masih melakukan penyelidikan. Saat ini contoh bagian dari kayu jati tersebut masih diteliti Fakultas Kehutanan UGM,” kata Kepala BPCB DIY Ari Setyastuti seperti dikutip dari Antara. Diharapkan penelitian itu bisa didapat hasilnya dalam dua minggu mendatang.

“Memang kalau itu masuk ekofak bisa sebagian dilestarikan dan sebagian diserahkan untuk dimanfaatkan penemu. Tapi masih menunggu hasil penelitian yang detail,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Perlindungan BPCB DIY Muhammad Taufik kepada Starjogja.com mengatakan kayu gelondongan yang ditemukan saat warga bergotong-royong membuat kolam ikan tersebut diduga berasal dari jaman tenggelamnya Candi Kedulan yang terletak sekitar 500 meter di sisi utaranya.

Menurut dia, karena penemuan kayu tersebut bukan termasuk cagar budaya, kayu itu akan disisakan sebagian untuk bukti jika ada aktifitas Gunung Merapi yang menenggelamkan wilayah di sekitarnya pada sekitar tahun 1006.

“Material yang menimbun Candi Kedulan maupun pohon jati tersebut memiliki kemiripan yakni berupa pasir dan batu material erupsi Gunung Merapi,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Masyarakat Padukuhan Plasan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman menemukan dua batang kayu jati gelondongan berukuran besar yang tertimbun di dalam tanah tidak jauh dari situs Candi Kedulan yang juga ditemukan terpendam.

Dua pohon jati ini ditemukan di lahan tanah kas Desa Tirtomartani saat warga membuat 17 kolam ikan untuk yang rencananya akan digunakan oleh masyarakat setempat.

Ini Wilayah Yang Terkena Pemadaman Hari Senin Besok

Previous article

Film Wiro Sableng Raup 1 Juta Penonton

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman