Lifestyle

Komunitas Jogja Garuk Sampah, Edukasi Peduli Sampah

0
Komunitas Jogja Garuk Sampah
agenda Jogja Garuk Sampah (foto:garuksampah.com)

STARJOGJA.COM, Jogja – Komunitas Jogja Garuk Sampah merupakan komunitas yang mengedukasi semua orang untuk tidak membuang sampah sembarangan. Komunitas ini melakukan program mendadak giat seperti yang dilakukan saat malam pergantian tahun.

“Waktu itu ada sekitar 70-an lebih relawan yang ikut membantu membersihkan sampah di sekitar fokus abu bakar ali, rencana awal mau menyebar tapi karena padat jadi di fokuskan ke satu titik,” ujar Febris dari Komunitas Jogja Garuk Sampah, saat hadir di Radio Star Jogja 101,3 FM waktu itu.

Saat pergantian tahun baru khususnya di Maliobro wisatawan sangat antusiasme dan ikut mengkondisikan sampah di kanan kirinya. Selain memungut sampah, komunitas Jogja Garuk Sampah juga menyapu di bagian utara Malioboro.

Baca Juga : Selamat Saat Berkendara di Musim Hujan

“Kejadian unik pada saat itu, waktu kita lagi nyapu, pemilik toko juga ikutan nyapu, karena emang sampah nya waktu itu banyak,” ujar Bambang anggota komunitas lainnya.

Bekti anggota komunitas ini berharap dapat membantu pemerintah, paling tidak mengurangi beban pemerintah dalam mengedukasi orang-orang. Karena kesadaran dalam membuang sampah itu seharusnya menjadi kesadaran sendiri.

“Tagline kita itu sedikit mengurangi beban penyapu jalan, jadi sebisa mungkin kita membantu sekaligus mengedukasi orang-orang dengan memungut sampah di sekitar, orang-orang jadi terpancing untuk ikut membuang sampah pada tempatnya,” ujar Bekti.

Selain dengan program mendadak giat, komunitas ini juga memiliki program mendadak piknik yang dilaksanakan dengan mendatangi kawasan wisata yang ramai orang dengan tidak lupa membawa trashbag dan juga sarung tangan. Untuk memantau kegiatan komunitas ini bisa dilihat di media sosialnya salah satunya yaitu Instagram @garuksampah.

Bayu

Memilih Jas Hujan yang Aman Bagi Pengendara

Previous article

Masuki Musim Hujan, Pastikan Mobil Fit

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle