Kota JogjaNews

Pemkot Yogyakarta Terus Gencarkan Konsep Pertanian Perkotaan

0
menanam sayur
Gelar Potensi Pertanian 2019 ( FOTO : Bayu)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja kembali menggelar potensi pertanian di Lapangan Balai Kota Jogja, Minggu – Selasa (10-12 /3/2019). Gelar potensi tahun ini diikuti oleh puluhan kelompok tani dari 14 kecamatan. Ini adalah upaya Pemkot Yogyakarta Terus Gencarkan Konsep Pertanian Perkotaan

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Jogja Sugeng Darmanto mengatakan peserta gelar potensi tahun ini lebih beragam dibandingkan tahun lalu. Lewat kegiatan ini diharapkan bisa mendorong dan menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk kegiatan pertanian ataupun peternakan.

” Saat ini hanya ada 53 hektar sawah di Kota Yogyakarta. Untuk itu kami dorong masyarakat untuk mengunakan konsep pertanian perkotaan dengan pemanfaatan space yang ada,”jelas Sugeng.

Ia menyebut Pemkot Yogyakarta terus menggencarkan konsep pertanian perkotaan. Ini memanfaatkan lahan pekarangan yang tidak terlalu luas. Dengan kreatifitas pemanfatan lahan, masyarakat bisa bercocok tanam ataupun untuk kegiatan peternakan produktif.

” Masyarakat bisa bercocok tanam menggunakan pot ataupun tong. Ada juga yang memelihara ikan dengan menggunakan kolam yang dibangun menggunakan batako dan terpal.Kreatifitas inilah yang bisa menghasilkan,” jelasnya.

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta berupaya menggalakkan diversifikasi pangan nonberas sehingga masyarakat tidak hanya tergantung pada nasi sebagai makanan pokok tetapi bisa menggunakan sumber karbohidrat lain yang juga mudah diperoleh.

“Upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat bahwa ada sumber karbohidrat lain yang bisa diolah dilakukan melalui Tim Penggerak PKK yang ada di tiap wilayah. Mereka kami ajak berkreasi untuk menyusun menu-menu baru yang inovatif dengan bahan nonberas,” kata Sugeng Darmanto di sela lomba diversifikasi pangan,Siang tadi.

Menu-menu baru yang dihasilkan dari bahan pangan selain beras tersebut kemudian dilombakan dan pemenang lomba akan dikirim untuk mengikuti lomba serupa di tingkat DIY.

Pada lomba diversifikasi pangan yang digelar di Balai Kota Yogyakarta, Senin, seluruh peserta diminta menyusun menu lengkap dari sarapan, makan siang dan makan malam dengan bahan yang sehat dan bergizi.

Rusia Akan Uji Coba Putuskan Hubungan Internet dengan Dunia Luar

Previous article

Pengelola Dana Kelurahan Harus Kedepankan Transparansi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja