NewsNusantara

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Borobudur

0

STARJOGJA.COM. MAGELANG – Hujan deras sebabkan 1 rumah terdampak longsor di wilayah Borobudur. Personel Koramil 19 Borobudur Kodim 0705/Magelang pun turun membantu warga Dusun Gunung Mujil Desa Kebonsari yang rumahnya terdampak longsor,  Minggu (24/03) kemarin.

Longsor terjadi setelah wilayah Borobudur diguyur hujan cukup lama di hari Jumat hingga Sabtu. Wilayah Kecamatan Borobudur  ada beberapa titik longsor diantaranya adalah di Dusun Gunung Mujil Desa Kebonsari dan Dusun Secang Desa Giritengah. Selain itu juga ditemukan ada tanah bergerak di wilayah Desa Ngadiharjo.

Longsor yang terjadi di Dusun Gunung Mujil Desa Kebonsari menimpa rumah bagian dapur milik Muhjazin. Beruntung tidak menimbulkan korban jiwa, namun bangunan dapur tersebut mengalami kerusakan. Personel gabungan TNI   dan warga masyarakat berusaha semaksimal mungkin membersihkan timbunan tanah, dengan cara membersihkan tanah yang ada di jalan setapak dengan menggunakan alat manual secara bergotong-royong.

Danramil Borobudur Kapten Arm Sutikno, S.H menyampaikan bahwa kontur tanah di beberapa titik di wilayah Kecamatan Borobudur  tidak stabil sehingga sangat rawan terkena bencana longsor.

”Di beberapa titik, kontur tanah di Kecamatan Borobudur  masuk kategori labil, membuat daerah ini menjadi daerah rawan tanah longsor. Saya sering menghimbau warga untuk selalu waspada longsor jika terjadi curah hujan yang cukup tinggi.” ujar Danramil.

Ia juga s menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada di musim penghujan karena curah hujan yang cukup tinggi sering mengakibatkan bencana longsor. Danramil juga menekankan kepada seluruh Babinsanya untuk senantiasa kontrol di lapangan secara terus menerus dan berkoordinasi dengan pemerintah desa dan ormas kemanusiaan yang ada.

BPBD DIY Pasang Terpal di Lokasi Longsor Makam Imogiri

Previous article

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan 6 Mei 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News