News

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Hari ini

0
salat tarawih berjemaah di masjid
Jamaah Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan salat tarawih pertama di Surau Baru, Pauh, Padang, Sumatera Barat, Jumat (3/5/2019). Foto (Antara)

STARJOGJA.COM, News – Jamaah Tarekat Naqsabandiyah, Kota Padang, Sumatra Barat, merayakan Lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah pada Senin (3/6/2019). Mereka juga sudah menggelar takbiran pada Minggu (2/6/2019), malam.

Imam Mushalla Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo, mengatakan Minggu kemarin merupakan hari terakhir tarekat ini berpuasa.

“Setelah selesai menunaikan ibadah sholat Isya kami takbiran bersama jemaah lainnya,” kata Syafri kepada jaringan informasi Bisnis Indonesia, Minggu (2/6/2019).

Baca juga: Ribuan Jamaah Shalat Ied Padati Gumuk Pasir

Sebelumnya, jamaah Tarekat Naqsabandiyah menyatakan satu Ramadan atau awal puasa pada Sabtu (4/5/2019). Penanggalan ini berbeda dengan ketentuan Pemerintah yang menetapkan hari pertama puasa pada Senin (6/5/2019).

Syafri mengatakan penentuan satu Ramadan telah dihitung sejak bulan Rajab lalu atau 8 Maret 2019. Ia juga menjelaskan Tarekat Naqsabandiyah menggunakan metode hisab dan rukyat.

Hisab adalah penghitungan dan rukyat artinya melihat bulan.

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah ini bukan hanya berasal dari Kota Padang, namun juga dari berbagai kota dan kabupaten di sekitar, seperti Kota Solok, Kabupaten Solok, Pesisir Selatan dan lainnya.

Syafri menyebut di Padang terdapat puluhan masjid dan musala yang menjadi pusat peribadatan Jamaah Tarekat Naqsabandiyah. Masjid dan musala tersebut tersebar di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan.

Ini 6 Penyakit Selama Mudik Lebaran 2019

Previous article

Delapan Titik Rawan Kemacetan di Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News