Kab Kulonprogo

Kawasan 1 Ha Dekat Suaka Margasatwa Sermo Terbakar

0
Kebakaran lahan minggu
ilustrasi kebakaran hutan (Istimewa)

STARJOGJA.COM, Kulonprogo – Kawasan seluas satu hektare yang berada dekat dengan Suaka Margasatwa Sermo, Kecamatan Kokap terbakar. Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah VI Sermo, Sugeng saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

“Iya benar, kejadiannya pada Minggu (18/8/2019) siang, di RT 58 RW 16, Dusun Selo Timur, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, tapi bukan hutan melainkan pekarangan warga yang kebetulan dengan hutan suaka, luasannya [yang terbakar] hampir 1 hektare ,” kata Sugeng kepada Harianjogja, Senin (19/8/2019).

Sugeng menerangkan peristiwa bermula saat seorang warga membakar sampah daun kering. Yang bersangkutan kemudian meninggalkan lokasi dalam keadaan masih terbakar.

Baca Juga : Alami Sedimentasi, Waduk Sermo Kehilangan Seperlima Area Penampung Air

Karena tidak diawasi, api lantas merembet dan membakar lahan pekarangan tersebut. Beruntung personil SAR Sermo, Polsek Kokap, Relawan Damkar Kulonprogo segera tanggap dan berhasil memadamkan api.

Meski peristiwa ini tidak menimbulkan kerugian, Sugeng tetap menyayangkan hal tersebut, karena, jika peristiwa ini terulang lagi, bukan tidak mungkin kawasan suaka margasatwa Sermo bisa menjadi korban.

Kepada masyarakat utamanya yang bermukim di sekitar suaka, Sugeng mengimbau untuk tetap waspada dan hati-hati. Jika ingin membakar sampah, upayakan tetap dalam pantauan, mengingat saat ini sedang musim kemarau, sehingga potensi kebakaran rawan terjadi.

“Patroli imbauan pada anak-anak muda yang nongkrong di area hutan suaka margasatwa sermo, juga kami lalukan, agar tidak membuang putung rokok sembarangan yang berpotensi menyebabkan kebakaran,” tuturnya.

Pembuat Konten Hoaks Picu Kerusuhan Manokwari Diburu

Previous article

Mahasiswa UGM KKN di Daerah Transmigrasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *