Kota JogjaNews

Pemkot Jogja Didorong Tambah Fasilitas RTHP

0

STARJOGJA.COM, JOGJA РPemkot Jogja didorong untuk memaksimalkan upaya pengadaaan ruang terbuka hijau Publik (RTHP). Pemkot Jogja Didorong Tambah Fasilitas RTHP. Keberadaan RTHP bisa dimaksimalkan dengan menggandeng sejumlah dinas terkait untuk melengkapi fasilitas tambahan seperti WIFI.

M. Fauzan, ST, Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta menyebut keberadaan ruang terbuka hijau publik (RTHP) di wilayah Kota Jogja sampai saat ini masih belum mencapai target yang ditetapkan Pusat.

” RTHP yang ada di Kota Yogyakarta saat ini masih belum sampai 10 persen. Ini yang harus ditingkatkan jumlahnya oleh Pemkot. Kami dorong agar jumlahnya lebih diperbanyak dengan menimpang aspek pemerataan lokasi serta anggaran yang ada,” kata Fauzan kepada Star Jogja FM, Rabu ( 30/10).

Ia mengatakan RTHp secara sosial berfungsi sebagai fasilitas untuk umum dengan fungsi rekreasi, pendidikan dan olahraga. Dan menjalin komunikasi antar warga kota. Selain itu, juga difungsikan sebagai paru-paru kota, melindungi sistem air, peredam bunyi, pemenuhan kebutuhan visual dan melindungiwarga kota dari polusi udara.

” Tiap RTHP yang dibangun harus dilengkapi berbagai fasilitas bermain anak-anak, olahraga dan taman, sebagai sarana interaksi masyarakat. Pemkot Jogja didorong untuk memaksimalkan upaya pengadaaan ruang terbuka hijau Publik (RTHP),” jelasnya.

Fauzan mengatakan Kendala penambahan RTHP bukan pada anggaran, tetapi pada ketersediaan lahan di masing- masing wilayah. Untuk pengadaan RTHP tidak bisa ditentukan sepihak. Tapi melalui usulan dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) setempat. Melalui musywarah rencana pembangunan kemudian diusulkan ke Pemkot Jogja. Proposal itu harus disertai surat penawaran dari pemilik.

” Tanah yang akan ditawarkan tidak boleh dalam sengketa atau sedang diagunkan. Akan ada tim verifikasi untuk menentukan kelayakan. Ada pula tim aprreisal untuk menentukan harga. Setelah jadi milik pemkot,lahannya akan dibangun oleh DLH Yogyakarta. Nantinya. perawatan oleh DLH dan kecamatan,” jelasnya.

Diketahui pada Tahun 2019, DLH Kota Yogyakarta akan membangun lima RTHP sekaligus di sejumlah wilayah . Lima RTHP tersebut dibangun di beberapa daerah, yaitu Pandeyan, Brontokusuman, Purwokinanti, Wirogunan, dan Kricak.

Bayu

Ini Tempat Lahir Manusia Modern

Previous article

Malang Tawarkan Wisata Surfing Malam Hari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja