News

Kisah Bapak Properti Indonesia Ir Ciputra

0
Ciputra mendidik anak-anaknya
Ciputra di kediamannya di Pondok Indah, Jakarta, Kamis (28/6/2018). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

STARJOGJA.COM, Info – Hari ini Indonesia kehilangan seorang Bapak Properti Indonesia. Ir. Ciputra, Chairman dan Founder Grup Ciputra, meninggal di Singapura, Rabu 27 November 2019 pukul 01.05 waktu setempat.

Menurut keterangan resmi Keluarga Besar Grup Ciputra, almarhum meninggal dunia setelah mendapat perawatawan akibat sakit yang dideritanya. Meninggalnya Ciputra yang lebih populer dengan sapaan Pak Ci, meninggalkan duka yang mendalam.

“Kami sangat kehilangan sosok ayah, kakek, dan pimpinan yang menjadi suri teladan bagi keluarga dan keluarga besar dari Grup Ciputra,” kata Rina Ciputra Sastrawinata, putri pertama Almarhum Ciputra, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Baca Juga : Jejak Usaha Pengusaha Senior Indonesia Ir Ciputra

Disebutkan bahwa pihak keluarga saat ini sedang dalam proses untuk memulangkan jenazah almarhum dari Singapura ke Indonesia. Almarhum Ciputra meninggal dalam usia 88 tahun. Almarhum merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara, lahir di Parigi, 24 Agustus 1931 dari keluarga sederhana.

Dalam usia 12 tahun, Ciputra sudah harus mandiri setelah ayahnya ditangkap oleh tentara penjajah.

Ciputra meninggalkan istri, 4 anak, 4 menantu, 10 cucu, 4 cucu menantu, dan 7 cicit. Semasa hidupnya, almarhum Ciputra dikenal sebagai sosok pekerja keras, sederhana, dan sangat entrepreneurial.

“Almarhum selalu menekankan kepada keluarganya untuk mengutamakan kejujuran dan integritas yang kemudian diterapkan dalam menjalankan bisnis Grup Ciputra, yakni berdasarkan tiga pilar filosofi yaitu Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship. Almarhum juga bercita-cita untuk dapat menciptakan lebih banyak entrepreneur di Indonesia, yakni generasi muda yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dengan cara mengubah ‘sampah dan rongsokan menjadi emas’,” ujar keterangan resmi Keluarga Besar Grup Ciputra.

Ciputra telah mendapatkan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia antara lain Tanda Kehormatan Satyalencana dalam bidang Pembangunan, Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial, dan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan dalam Pengembangan KUD & Pengusaha Kecil. Secara keseluruhan, Ciputra menerima lebih dari 80 penghargaan dari berbagai institusi nasional dan internasional.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan sekaligus doa kepada beliau dan keluarga.” ujar CEO Grup Ciputra, Candra Ciputra.

Jejak Usaha Pengusaha Senior Indonesia Ir Ciputra

Previous article

Founder Ciputra Group dan Kisah Hidupnya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News